‘Ramadhan Kareem’ Umat Muslim Semarakkan Rumah Tahfizh Nurul Quran Tabanan

KataBali.com – Ratusan Umat Muslim dari berbagai jamaah di Bali ikut menyemarakkan ‘Ramadhan Kareem’ di rumah Nurul Qur’an, Jalan Anyelir, Dukuh, Tabanan. Agenda tersebut sengaja digelar setiap datangnya bulan suci Ramdahan dengan diisi berbagai kegiatan ‘amaliyah’ sekaligus silaturrahmi di kalangan umat muslim di Bali.

Selain menggelar buka puasa bareng, kegiatan yang digelar Selasa (29/5) malam sekaligus dirangkai dengan acara pengajian dengan mendatangkan penceramah Tuan Guru Haji (TGH) Taizir Al Azhar LC MA dari Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Usai berbuka pusa bersama,  acara dilanjutkan dengan sembahyang Taraweh di Rumah Tahfizh Nurul Qur’an lantai 3 (tiga) di jalan Anyelir gang XII nomor 22, Dukuh, Tabanan.   Kegiatan ini digelar untuk ke sekian kalinya sebagai bagian menyemarakkan datangnya bulan Suci Ramadhan tahun ini.

Kahadiran ratusan jamaah sekaligus memberi kesan tersendiri seiring semakin berkurangnya minat jamaah untuk hadir di acara serupa khususnya memasuki pertengahan pelaksanaan puasa Ramadhan. Kehadiran TGH  Taizir Al Azhar juga merupakan spirit para jamaah sebab diisi tanya jawab sekaligus ceramah bertemakan keutamaan berpuasa di Bulan suci Ramadhan.

“Kami sengaja meggelar acara untuk menyemarakkan bulan suci ramadhan sekaligus mengajak umat agar selalu bersemangat hadir melakukan ibadah bersama di Bulan Ramadhan,” papar pengelola Rumah Tahfizh Nurul Qur’an, Haji Rizal Yasri.

Dalam kesempatan itu, penceramah, TGH Taizir Al Azhar mengupas keutamaan melaksanaan puasa di bulan suci Ramadhan. Beberapa keutamannya, bukan saja bermamfaat bagi bertambahnya keimanan seseorang, namun juga bermamfaat bagi kesehatan tubuh, sebab puasa juga bisa menghilangkan berbagai racun yang ada di dalam tubuh.

Ditegaskan, para ilmuan barat pun sudah mengakui keutamaan puasa, sebab sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, keutamaan berpuasa bukan menjadi halangan bagi setiap umat Muslim di Bulan Suci Ramadhan.

Bayangkan, selama sebelas bulan dalam satu tahun semua organ tubuh selalu bekerja bagaikan mesin khususnya di dalam perut. Dengan berpuasa, organ organ tubuh seperti kembali ditata sehingga berdampak pada kesehatan tubuh sekaligus membunuh racun-racun yang masuk ke dalam tubuh.

“Ilmu kedokteran pun tidak pernah melarang bahkan mengangjurkan  untuk berpuasa sebab sangat bermamfaat bagi kesehatan,” tegas TGH Taizir.

Selain diisi acara ceramah, para jamaah yang hadir juga diberikan kesempatan bertanya berbagai materi lainnya dan dijawab dengan lugas dan jelas oleh penceramah.

Menurut rencana, kegiatan serupa kembali akan digelar hingga beberapa kali ke depan dengan mendatangkan beberapa penceramah dari berbagai daerah, salah satunya, TGH Sabaruddin dari Lombok NTB, dan dua penceramah lainya asal Jakarta.

Kehadiran para tokoh agama tersebut diharapkan  bisa menjadi siraman rokhani sekaligus menjadi spirit umat Muslim khususnya di Tabanan untuk memamfaatkan moment Bulan Suci Ramadhan guna meraih sejuta pahala dengan keberkahan ladang ibadah yang begitu luas. (jcli)

 

 

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *