Lagi Saat Purnama, Gunung Agung Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 1,5 Km

KataBali.com – KARANGASEM– Gunung Agung di Kabupaten Karangasem Bali kembali menyemburkan abu vulkanik bertepatan dengan datangnya bulan purnama  pada Senin (30/4/2018) malam.

Dari laporan Pos Pengamatan Gunung Agung Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) diketahui  detik-detik saat erupsi Gunung Agung terjadi sekira pukul 22.45 Wita.

“Tinggi kolom abu teramati 1.500 m di atas puncak kawah, “sebut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB  Sutopo Purwo Nugroho dalam rilis Selasa (1/5/2018)

Berdasar Pos Pengamatan Gunung Agung PVMBG diketahui juga. amplitudo maximum 23 mm dan lama gempa 172 detik. Erupsi hanya sesaat.

“Tidak ada erupsi susulan. Angin mengarah ke Barat. VONA Orange,” sambung Sutopo.

Kendati terjadi erupsi, pihaknya meminta masyarakat tetap tenang namun tetap meningkatkan kewaspadaan.

Terpantau juga, adanya hujan abu tipis di Sawan Singaraja. Sejauh ini, dari laporan yang masuk ke BNPB, tidak ada masyarakat yang mengungsi. Demikian juga, kondisi Bali aman dan tetap nyaman.

“Pagi ini Gunung Agung nampak cerah. Tidak ada asap keluar dari puncak kawah. Kondisi kegempaan dan vulkanik masih aman,” kata Sutopo menambahkan.

Terkait dengan status Siaga atau pada level 3, jelas dia, tetap saja namanya gunungapi, masih dimungkinkan terjadi erupsi.

“Tapi tidak membahayakan selama masyarakat berada di luar radius 4 km. Jadi, Bali tetap aman,” demikian Sotopo. (jckn)

 

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *