FKUB Tomohon Kunjungan Kerja Tabanan Pelajari Kerukunan dan Toleransi

 

KataBali.com – Keharmoniasan kehidupan beragama di Tabanan yang telah mendapatkan penghargaan rupanya menjadi daya tarik bagi Kabupaten/Kota lain di Indonesia untuk belajar dan melakukan kunjungan kerja ke Tabanan. Salah satunya adalah Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Rombongan dari Tomohon yang di ketuai oleh Johni J Palilingan diterima oleh staf ahli bidang Hukum dan Pemerintahan I Made Riawan, Ketua FKUD Tabanan I Wayan Tontra serta anggota FKUB Tabanan, Selasa (24/4) di kantor Bupati Tabanan.

Ketua FKUB Tomohon Johni J Palilingan mengungkapkan tujuan kedatangan FKUB Tomohon pada hari ini adalah untuk mempelajari peningkatan toleransi dan kerukunan umat Beragama yang ada di Tabanan, mengingat Keharmonisan Kabupaten Tabanan sudah sangat dikenal.

“Kami sangat kagum dengan Keharmonisan dan kerukunan beragama di Kabupaten Tabanan. Apalagi Tabanan sudah meraih Harmony Award, yang merupakan prestasi yang membanggakan. Selain itu kami juga ingin mempelajari hubungan antara FKUB dengan lembaga pemerintahan dan masyarakat,” ungkapnya.

Bupati Tabanan dalam sambutan yang dibacakan oleh I Made Riawan  mengucapkan selamat datang dan berterima kasih telah memilih dan berkunjung ke Kabupaten Tabanan. Kabupaten  Tabanan  salah satu kabupaten dari Sembilan Kabupaten/Kota yang ada di Bali. Tabanan terdiri dari 10 Kecamatan dengan 133 Desa dengan jumlah penduduk sebanyak 466,197 jiwa, dimana mayoritas penduduknya beragama Hindu.” Beragamnya struktur demografi masyarakat Tabanan, diiringi minimnya konflik beragama di Kabupaten Tabanan  telah terjaga dan mengakar kuat sejak dahulu, ucapnya”.

Dirinya menambahkan guna menekan potensi konflik beragama harus dilakukan pendekatan kepada tokoh masyarakat dan tokoh Agama serta melibatkan instansi terkait. Melalui Pemerintah bentuk perhatian yang telah ditunjukkan  adalah dengan melakukan berbagai kegiatan seperti pasar murah, bantuan mudik gratis serta kebebasan  beribadah bagi masing- masing pemeluk agama.” Kerukunan umat beragama merupakan pendukung kelancaran pembangunan di Tabanan serta berkomitmen senantiasa menjaga toleransi umat beragama demi tercapainya kerukunan menuju Tabanan yang Serasi, jelasnya”.

Sementara Ketua FKUB Tabanan I Wayan Tontra mengatakan Forum komunikasi di Tabanan sudah terbentuk sejak lama, jadi tidak heran kalau Tabanan sebagai salah satu contoh Kabupaten yang mendapat penghargaan atas keharmonisan dalam beragama. Diutarakannya, kerukunan umat beragama di Kabupaten Tabanan sangat kondusif, dan toleransi sangat tinggi.

“Ketika hari besar keagamaan, apabila umat muslim merayakan hari besar keagamaan, maka umat beragama yang lain toleransi dan ikut menjaga berlangsungnya kegiatan tersebut, Sebaliknya jelas dia, apabila umat nonmuslim merayakan hari besar keagamaan umat muslim ikutmenghormatinya,”jelasnya.

Kemudian, terang dia, antar umat beragama di Kabupaten Tabanan memiliki ikatan persaudaraan yaitu,  agama yang jumlah pemeluknya paling besar merupakan saudara tertua sampai dengan agama yang pengikutnya paling sedikit meraka anggap sebagai adik bungsu.hmt.

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *