Giliran Banjar Payungan Menangkan BAGIA dan Koster-Ace

KataBali.com – Dukungan terus mengalir kepada pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Wayan Koster-Tjok Oka Arta Ardana Sukawati (Koster-Ace) dan Paslon Bupati-Wakil Bupati Klungkung Tjokorda Bagus Oka–I Ketut Mandia (BAGIA).

Pada Senin (19/3/2018), giliran krama Banjar Payungan, Desa Selat, Kecamatan Klungkung yang menyatakan kebulatan tekad untuk mendukung dan memenangkan Koster-Ace dan BAGIA.

Pernyataan dukungan tersebut disampaikan saat Mesimakrama di Banjar tersebut, yang dihadiri langsung oleh paket BAGIA, Ketua dan seluruh Tim Pemenangan Koster-Ace dan BAGIA kabupaten Klungkung.

Dalam Mesimakrama tersebut hadir 175 KK Banjar Payungan. Hadir pula tokoh masyarakat Banjar Payungan, Wayan Sudiayasa, Klian Banjar Payungan Komang Subawa, dan sejumlah Pemangku, yakni Jero Mangku Puseh Nyoman Rudet dan Mangku Tirta.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan krama Banjar Payungan ini,” ujar calon Bupati Klungkung Tjokorda Bagus Oka.

Ia optimis target kemenangan Koster-Ace dan BAGIA di kabupaten Klungkung akan terpenuhi, sebab dukungan masyarakat terus mengalir. “Kita sudah turun ke tengah-tengah masyarakat. Berdialog dengan mereka. Sungguh luar biasa dukungan mereka,” katanya.

Menurut dia, melalui pola Satu Jalur program BAGIA dan Koster-Ace, percepatan pembangunan di Kabupaten Klungkung akan terwujud. Ia menjelaskan, pendapatan asli daerah (PAD) yang tergolong sangat kecil menjadi salah satu penyebab pembangunan di Klungkung berjalan sangat lambat.

Selain itu hanya 26 persen alokasi APBD yang terserap untuk pembangunan seperti infrastruktur. Sisanya sekitar 84 persen, atau lebih besar anggaran justru dialokasikan untuk belanja rutin pemerintah.

Ia melanjutkan, PAD Klungkung saat ini hanya sebesar sekitar Rp 154 miliar dengan rancangan APBD mencapai sekitar Rp 1,2 triliun. “Jadi diperlukan pemetaan guna menggali lagi pontensi-potensi untuk sumber pendapatan asli daerah,” ujarnya.

Karena mengingat PAD yang masih kecil, sangat dibutuhkan sekali bantuan anggaran dari unsur pemerintah vertikal atau di atasnya, baik itu pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

“Maka pola Satu Jalur adalah solusi tepatnya. Karena Gubernurnya Koster-Ace, terus Bupatinya BAGIA dan Presidennya Pak Jokowi. Ini akan memudahkan bagi Klungkung untuk mendapatkan bantuan program dari pemerintah di atasnya,” jelasnya. *

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *