Upacara Mejaya- Jaya Prajuru Adat Desa Adat Tanjung, Wabup Suiasa Keseimbangan Kehidupan Tri Hita Karana

KataBali.com – Krama Desa Adat Tanjung, Kelurahan Tanjung, Kec. Kuta Selatan pada hari Minggu (Redite Wage) wuku Wayang, tanggal 18 Pebruari 2018 melaksanakan upacara Mejaya- jaya Prajuru Adat Desa Adat Tanjung.
Dalam rangkaian acara tersebut, dilaksanakan Pengukuhan Pejabat Sementara kelian desa adat yaitu Dokter Made Sugianta  dan upacara mejaya jaya tersebut kepuput olih Ida Peranda Putra Telaga dari Grya Gulingan Telaga Sanur. Sebelumnya, Krama Desa Adat Tanjung sudah melaksanakan Pemilihan Kelihan Desa Adat dan Prajuru Desa Adat yg dilaksanakan secara musyawarah mufakat.
Wakil Bupati Badung I ketut Suiasa yg hadir pada saat itu, dalam Sambrama Wacana,  menyampaikan bahwa kedudukan peranan, fungsi dan tugas kelian desa adat dan prajuru adat sangat menentukan bagi kelangsungan dan keseimbangan kehidupan dalam konteks Tri Hita Karana, karena apabila prajuru salah  mengambil kebijakan dan pola pendekatan kemasyarakatan yg keluar dari tatanan tradisi, adat, agama serta budaya yg ada maka hal itu akan menghambat kemajuan masyarakat/ krama dan akan terganggunya ketreptian ( ketertiban) wilayah dan masyarakat.
Maka dari itu prajuru adat agar benar2 memperhatikan serta berlandaskan dresta, adat, agama dan budaya dlm melaksanakan Swadarma fungsi dan tugasnya mengemban masyarakat dlm komunitas otonom desa adat.
Pada kesempatan tersebut masyarakat melalui pejabat prajuru adatnya menyatakan sangat mengapresiasi  kebijakan-kebijakan strategis pemerintah kabupaten Badung dan senantiasa akan mendukung program-program,  serrta kebijakan pemerintah daerah Badung yg sangat Pro Rakyat dan sudah dirasakan oleh masyarakat Badung.
Berkaitan dengan hajatan politik Pemilihan Gubernur Bali pada 27 Juni 2018, krama Desa Adat Tanjung menyatakan akan berpartisipasi aktif serta menyukseskan Pilgub tersebut dengan datang menggunakan hak pilih ke TPS, dan senantiasa menjaga suasana damai, aman dan nyaman.
Selain itu Krama Desa Adat Tanjung juga siap untuk mendukung , memilih dan memenangkan Pasangan Calon nomer urut 1 KBS – ACE dengan target perolehan suara 80% di kelurahan Tanjung Benoa Kabupaten Badung. Masyarakat Tanjung juga  sangat bersemangat menggelorakan salam perjuangan KBS -ACE dengan Yel populernya “Salam Satu Jalur”.             Dalam acara tersebut  hadir pula  Majelis Alit Kecamatan Kuta Selatan, Camat kuta selatan, Lurah Tanjung Benoa dan tokoh2 masyarakat lainnya.

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *