Pemkot Denpasar Bersama Unmas Terapkan ‘Urban Farming’ di Tukad Bindu

KataBali.com – Pemkot Denpasar selalu memberikan ruang penuh bagi semua pihak untuk memberikan inovasi dalam pembangunan Kota. Kali ini, Fakultas Pertanian Universitas Mahasaraswati (Unmas) menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Denpasar dan Yayasan Tukad Bindu untuk mendorong adanya urban farming di Kota Denpasar. Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan salah satu inovasi pengembangan Tukad Bindu untuk edukasi selain  dimanfaatkan untuk rekreasi dan kegiatan lainnya.
Kasubag Pengumpulan Informasi dan Publikasi Humas Setda Kota Denpasar, I Wayan Hendaryana mengaku Pemkot Denpasar sangat mendukung dan mendorong adanya peran pihak swasta dan berbagai steakholder dalam memberikan inovasi di bidang pertanian di Kota Denpasar.
Hal ini lantaran lahan pertanian yang berada di Kota Denpasar jumlahnya terbatas. Sehingga diperlukan inovasi dan pemanfaatan teknologi dalam bidang pertanian seperti halnya urban farming.
 
“Adanya inovasi dari semua pihak seperti swasta atau steakholder lainnya ini tentu sangat membantu Pemkot Denpasar. Sehingga tentunya dapat mendorong masyarakat untuk mandiri dalam pengadaan bahan pangan sehari-hari serta memanfaatkan lahan yang berada di pekarangan secara maksimal,” katanya, Selasa 16 Januari 2018.
Sementara, Dosen Fakultas Pertanian Unmas Dr. Yudariani mengatakan, Fakultas Pertanian Unmas telah menjalin kerjasama dengan Yayasan Tukad Bindu dan Pemkot Denpasar. Komitmen tersebut diwujudkan dengan Letter of Acceptance (LoA) antara semua steakholder yang terlibat.
“Kami telah menandatangani LoA bersama semua steakholder terkait dengan pemanfaatan lahan yang ada di Tukad Bindu yang akan digunakan untuk Laboratorarium Lapangan Fakultas Pertanian Unmas,” jelas Yudariani.
Dijelaskan lebih lanjut, urban farming merupakan konsep pemindahan pertanian konvensional  ke pertanian perkotaan. Adapun perbedaannya terdapat pada orientasinya saja.
“Dimana pertanian konvensional berorientasi pada hasil produksi sedangkan urban farming lebih kepada karakter pelakunya yakni masyarakat urban,” ungkapnya.
Adapun kegiatan yang dilaksanakan setiap hari minggu di tanah seluas dua are ini diharapkan dapat memberikan tantangan bagi mahasiswa dan masyarakat sekitar untuk memanfaatkan lahan sempit dengan maksimal, khususnya pertanian. Nantinya, program ini dirancang akan dilaksanakan selama tiga tahun. Tahun pertama fokus untuk membagi bantaran sungai untuk tanamaman tertentu, tahun kedua pelaksanaan program dan pemantapan, dan tahun ketiga adalah mencapai goal yakni memberdayakan masyarakat disekitar bantaran Tukad Bindu.
“Sehingga, selain untuk berekreasi Tukad Bindu juga dapat menjadi sarana edukasi bagi masyarakat, khususnya di Bidang Pertanian, jadi fasilitas yang ada di Tukad Bindu menjadi lengkap, mulai dari sarana fitness, aneka kuliner lokal, pemandangan sungai dan lain sebagainya, dan tentunya kami berharap masyarakat sekitar menjadi lebih peduli dengan lingkungan sekitar,”pungkasnya.
Ketua Yayasan Tukad Bindu, IB. Ari Manik sangat mengapresiasi  dan mendukung adanya upaya penerapan urban farming  pertanian di Kota Denpasar. Karenanya, Gus Arik biasa disapa ini berharap kepada masyarakat untuk turut menjaga lingkungan dan alam yang ada saat ini.
“Kami mendorong masyarakat agar melakukan pengenalan sejak dini tentang pentingnya menjaga lingkungan sehingga budaya membuang sampah di sungai dapat diminimalisir dan sungai menjadi bersih dan bermanfaat bagi manusia,” tandasnya.(kbb)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *