Pengibaran Bendera Merah Putih di Tebing Pantai Pandawa “Pecahkan” Rekor MURI

KataBali.com – Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-72, anggota Brimob Polda Bali bersama Basarnas serta unsur lainnya mengibarkan Bendera Merah Putih di dinding tebing Pantai Pandawa, Badung, Senin sore (14/8/2017).
Selain untuk memperingati HUT RI ke-72, pengibaran Bendera Merah Putih sepanjang 400 meter dan lebar 4 meter itu juga untuk memperkuat rasa nasionalisme dan sekaligus memecahkan rekor MURI.
Kegiatan bertema “Pandawa Merah Putih” ini dipimpin langsung oleh Kapolda Bali Irjen Pol Petrus R Gollose. Nantinya, Bendera Merah Putih ini akan terus berkibar hingga berakhir pada 31 Agustus 2017 mendatang.
Pengibaran Sangsaka Merah Putih yang merupakan pertama kali pengibaran bendera diatas tebing setinggi puluhan meter dan terpanjang ini melibatkan berbagai pihak seperti Brimob, SAR, Sabhara, Basarnas, Mapala, BPBD Propinsi. Sementara peserta yang berpakaian merah putih mencapai 1000 orang, dan melibatkan anak sekolah yang berjumlah 1000 anak.
Menurut Kapolda Bali Irjen Pol Petrus R Gollose, pihaknya secara konsisten akan tetap menjaga empat konsensus negara Indonesia bersama-sama masyarakat Bali dan TNI dan serta pemangku kebijakan lainnya. Baginya, perbedaan adalah kekayaan bangsa, oleh karena itu harus tetap dijaga sebagaimana amanat para pendiri bangsa.
“Kita tetap konsekuen menjaga Pancasila, menjaga UUD 45, menjaga Bhineka Tunggal Ika serta tetap konsekuen dalam menjaga keseluruhan tanah di Republik Indonesia ini,” ucap Panglima berbintang dua itu.
Pengibaran Bendera Merah Putih diatas tebing diobyek wisata ternama ini berhasil memecahkan rekor MURI. Rekor MURI diserahkan langsung oleh Senior Manager Rekor MURI Awan Rahargo kepada Kapolda Bali Irjen Pol Petrus R Gollose.
Awan Rahargo menyatakan rekor MURI tersebut diberikan kepada Polda Bali lantaran dinilai berhasil mengibarkan bendera terpanjang mengelilingi tebing. Menurutnya, rekor MURI ini mampu mengalahkan peraih rekor MURI sebelumnya yang mengelilingi sebuah pulau.
“Ini merupakan pertama kali pengibaran di tebing. Rekor MURI ini termasuk kriteria superlatif, pengibaran ini merupakan pertama pengibaran bendera di tebing terpanjang,” tandasnya mengakhiri. (kbb)

 

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *