SAKTI Center Gelar Saresehan IT Koperasi Sekaligus Luncurkan SAKTI.Lite

 

KataBali.com –  Sejalan program pemerintah melakukan reformasi total terhadap koperasi melalui langkah “reorientasi”, salah satunya membangun dan mengembangkan koperasi berbasis IT, maka dalam rangka memeringati Hari Koperasi ke-70, SAKTI.Center menggelar sarasehan IT Koperasi dan me-launching produk baru SAKTI yaitu SAKTI.Lite.

Sarasehan IT Koperasi dan launching SAKTI.Lite yang mengusung tema “Implementasi IT Koperasi untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan dan Manfaat bagi Anggota Menghadapi Persaingan yang Semakin Ketat dan Kompleks” tersebut diselenggarakan Rabu (12/7/2017) bertepatan dengan peringatan Hari Koperasi ke-70 di Hotel Made Bali, Mangupura.

Kegiatan yang diikuti sekitar 50 perserta dari 20-an gerakan koperasi dan UMKM menghadirkan narasumber tunggal Endy Chandra dari DataBisnis (KOPERINDO.COM) Bandung yang juga adalah pengembang sistem SAKTI.

Dalam pemaparannya, aktivis koperasi tersebut mengatakan bahwa ke depan, persaingan usaha termasuk koperasi tidak lagi sebatas produk yang memberi profit bagus bagi anggota, tetapi persaingan di bidang pelayanan dan manfaat (service & competitive advantages).

“Maka harus dilakukan terobosan-terobosan untuk memastikan itu bisa disajikan secara nyata oleh koperasi agar tetap mampu mempertahankan eksistensinya dan berkembang terus semakin besar. Koperasi harus besar dan kuat untuk bisa menjadi soko guru perekonomian Indonesia’,” ujar Endy.    

Kelahiran SAKTI tidak bisa dilepaskan dari peran aktif KSP TEB Artha Mulia, Pegending, Badung yang telah melahirkan sebuah sistem yang benar-benar bisa menjawab tuntutan pelayanan yang berkualitas, transparan, mudah dan cepat kepada para anggota serta secara nyata memberikan manfaat kepada gerakan Koperasi umumnya. 

Pertemuan KSP TEB dengan Tim Pengembang IT DataBisnis (KOPERINDO.COM), telah melahirkan sistem SAKTI, yaitu software aplikasi keuangan berbasis teknologi internet atau sistem akuntansi dan keuangan koperasi yang berbasis teknologi internet.   

SAKTI lahir bukan hanya sekadar untuk memenuhi kebutuhan koperasi tetapi menciptakan kebutuhan bagi koperasi itu sendiri. SAKTI adalah aplikasi fintech (financial technology) untuk koperasi.

SAKTI adalah solusi, berbasis komunitas yang wadahnya adalah SAKTI.Center, dikembangkan dengan sistem terbuka dan berdasarkan kontribusi dari komunitas, tidak bersifat eksklusif, dimutakhirkan sesuai dengan roadmap, dan didukung berbagai aplikasi untuk anggota koperasi yang terintegrasi dengan koperasinya.

Ada berbagai aplikasi SAKTI yang telah dan akan dikembangkan sesuai roadmap untuk menjamin keberlangsungterusan pelayananan dan manfaat yang selalu meningkat. 

SAKTI.Online adalah aplikasi untuk koperasi (simpan pinjam dan dagang), di dalamnya ada SAKTI.CoreBanking dan SAKTI.Retail; SAKTI.Mobi yaitu mobile application untuk staff lapangan koperasi (koperasi mobile); SAKTI.Pay untuk sistem pembayaran non tunai (payment gateway dan cashless payment); SAKTI.Store untuk grosir online dan SAKTI.Shop untuk toko online yang didukung oleh aplikasi untuk UMKM (SAKTI.Apps) dilengkapi dengan .eFinance, .ePos, .eShop, .eKiOSK, .ewebKiOSK, .eVet, .eInn.

Lalu kini terobosan aplikasi SAKTI yang paling powerful adalah SAKTI.Pay dan SAKTI.Link (sudah tersedia di Google Play Store), yang merupakan aplikasi untuk informasi dan pelayanan anggota dengan fitur pelayanan online seperti cek saldo simpanan dan pinjaman, rekening ponsel, konfirmasi setoran/angsuran, laporan simpan pinjam, pengajuan/persetujuan pinjaman internal online, pelayanan pembayaran, pembayaran pulsa/token/PLN/Tiket dll, transfer / kiriman uang online antar anggota atau antar koperasi atau melalui bank yang bekerja sama, pelayanan informasi koperasi dan lingkungan, serta ruang kreatif.

Selanjutnya tanggal 12 Juli 2017 juga telah di-launching sebuah sistem SAKTI baru yang lebih ringan yakni SAKTI.Lite, yang secara khusus diperuntukkan bagi koperasi-koperasi yang masih kecil, maksimal aset sampai 1 milyar.

SAKTI.Lite adalah aplikasi SAKTI.Online versi ringan yang dapat diakses melalui Portal SAKTI.Online, disediakan untuk mengakomodir kebutuhan sistem online koperasi yang menginginkan mobilitas dan sistem terintegrasi mulai dari transaksi keuangan hingga laporan keuangan real time online.

SAKTI.Lite adalah aplikasi yang sudah distandarkan berdasarkan riset dan pengembangan 10 tahun sehingga dapat diterapkan untuk koperasi  secara fleksibel. 

Aplikasi ini tidak perlu diinstall pada komputer tetapi dapat diakses dari mana saja dengan koneksi internet dan dari berbagai gadget mobile yang ada. 

SAKTI.Lite merupakan solusi terpadu berbasis teknologi cloud untuk koperasi yang menginginkan sistem online, aman, nyaman, mobile, dan real time transaction yang terintegrasi dengan laporan keuangan, tetapi dengan budget yang rendah dan kualitas tetap andal.(kbbb)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *