Berdayakan Ekonomi Rakyat, Wagub Sudikerta Kukuhkan Pengurus Koperasi Gemasadu

KataBali.com – Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudikerta melantik 74 orang pengurus Koperasi Gerakan Masyarakat Kewirausahaan Terpadu (Gemasadu) Bali yang diharapkan bisa turut memberdayakan ekonomi rakyat.

Koperasi Gemasadu telah mengembangkan jaringan hingga ke seluruh Kabupaten/Kota se-Bali.

Untuk itu Wagub Sudikerta memberikan apresiasi atas berdirinya koperasi yang memiliki unit usaha berbasis layanan umum kepada masyarakat.

“Berdirinya koperasi sangat membantu pemerintah dalam menciptakan kesejahteraan ekonomi masyarakat,” jelas Sudikerta Senin (17/7/2017).

Dengan basis pemberdayaan ekonomi masyarakat, dia berharap pengelolaan. Koperasi dilakukan secara profesional.

Dengan begutu, diawali dari pelantikan pengurus di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota ini, jumlah anggota akan semakin bertambah.

Disamping itu, unit-unit usaha yang dikembangkan juga mengalami kemajuan. Pertumbuhan koperasi, menurut Sudikerta, harus sejalan dengan kemampuan sumber daya manusia termasuk, sarana maupun prasarana yang dimiliki.

Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Bali, I Dewa Nyoman Patra mengungkapkan, sistem perkoperasian di Indonesia. Perhimpunan koperasi boleh dibentuk oleh siapapun dengan persyaratan-persyaratan tertentu yang harus dipenuhi oleh masyarakat.

Kata dia, nafas koperasi haruslah didasarkan pada kesejahteraan anggota dan tumbuh dari, oleh dan untuk anggotanya.

“Banyak jenis koperasi yang berkembang di Indonesia, dan itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendirikan maupun menjadi anggota,” ujar Patra.

Koperasi Gemasadu mengenalkan produk home industri yang saat ini tengah dikembangkan yakni, minuman mineral dan dupa untuk kebutuhan kehidupan sehari-hari sembako untuk masyarakat di Bali dengan harga murah.

Sudikerta memanfaatkan kesempatan itu dengan memesan 100 boks air kemasan mineral. Wagub berharap produk tersebut mampu melakukan penetrasi ke masyarakat sekaligus untuk membantu kehidupan masyarakat.(jchb)

 

 

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *