Satu Jam Sebelum Nyepi Pelayaran Selat Bali akan Ditutup

KataBali.com – Aktivitas penyeberangan di Selat Bali dipastikan ditutup pada Hari Raya Nyepi Saka 1939 tahun ini.
Berdasarkan kesepakatan pihak otoritas penyeberangan setempat, kapal terakhir dari Pelabuhan Gilimanuk ditetapkan berangkat menuju Pelabuhan Ketapang pada Selasa (28/3) pukul 05.00 Wita, atau 1 jam sebelum mulai pelaksanaan Catur Berata Penyepian di Bali.
Manager Usaha ASDP Pelabuhan Gilimanuk, Wahyudi Susianto, Kamis (23/3) siang mengatakan, berkenaan dengan Hari Raya Nyepi nanti, penutupan penyeberangan pertama dilakukan di pelabuhan Ketapang.
Khusus penyeberangan dari Jawa menuju Bali itu, sudah akan ditutup pada Senin (27/3) pukul 23.00 WIB. Waktu penutupan lebih awal di Pelabuhan Ketapang itu, sama seperti tahun lalu.
Penutupan lebih awal di Ketapang semata-mata agar tidak ada penumpang sampai terjebak pelaksanaan Nyepi, yang dilaksanaan mulai Selasa (28/3) pukul 06.00 Wita sampai Rabu (29/3) pukul 06.00 Wita.
“Paling tidak yang memang harus terpaksa sampai ikut pemberangkatan kapal terakhir menuju Pelabuhan Gilimanuk itu, adalah penumpang dengan tujuan daerah di Bali,” ucapnya.
Namun jika penunpang dengan tujuan jauh, seperti Lombok dan seterusnya pihaknya mengharapkan jauh-jauh hari menyeberang sebelum pemberangkatan terakhir.
“Karena kalau tidak begitu, resiko kalau sampai terjebak Nyepi  di jalan,” imbuhnya.
Sebaliknya, mengenai penyeberangan terakhir dari Pelabuhan Gilimanuk yang sudah ditetapkan pukul 05.00 Wita pada tahun ini, jadwalnya lebih maju dibanding Nyepi  tahun 2016.
Di mana tahun lalu, pemberangkatan kapal terakhir dari Bali menuju Jawa, ditetapkan pukul 05.30 Wita. Penutupan lebih awal ini maksudnya agar tidak terelalu mendekati waktu mulai pelaksaan Catur Berata Penyepian.(bb-iz)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *