Wabup Badung I Ketut Suiasa Hadiri Karya di Desa Tibu Beneng Kuta Utara.

KataBali.com – Rahina Buda Pon Madangkungan Krama Banjar Tibubeneng Desa adat Padonan Desa Tibu Beneng Kecamatan Kuta Utara melaksanakan Pemelaspas, Pemelaspas Bagia Pulakerti, Penegteg, Penyegjeg, Mupuk Pedagingan lanpewintenan serangkaian Karya Mamungkah,Ngenteg Linggih, Tawur Balik Sumpah Utama Lan Padudusan Agung di Pura Dalem Maospahit Tibubeneng Kecamatan Kuta Utara Badung rangkaian upakara tersebut dipuput oleh Ida Pedanda Putra Telaga Sanur dan Ida Pedanda Gede Jelantik Giri Puspa Gria Santian Upacara Mupuk Pedagingan dihadiri Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi anggota DPRD Kab. Badung I Wayan Sandra, A.A. Ngurah Ketut Nadhi Putra ,Dinas Kebudayaan I.B. Agung, Camat Kuta Utara A.A. Yuyun Hanura Enny, Kabag. Kesra A.A. Ngrh. Rai Yudha Dharma danpenglingsir Puri Delodan Kerobokan, Tripitaka serta tokoh adat Desa Adat Padonan serta masyarakat Pengempon Pura setempat, Rabu (9/11).

 

 

Ketua panitia karya Wayan Ardana. SE melaporkan” pelaksanaan Pemugaran Pura ini telah menghabiskan dana sebesar 2, 8 meliar, dan untuk pembiayaan serangkaian upakara upacara ini diperkirakan menghabiskan dana sebesar 1,6 meliar yang bersumber dari pengalian dana, bantuan pemerintah serta urunan krama dan dari para donatur Pura ini di empon oleh Krama Banjar Tibubeneng Desa Adat Padonan yang berjumbelah 85 KK. Tujuan dari dilsanakan upacara ini berdasarkan pemikiran yang suci ning nirmala serta hati yang tulus iklas sebagai wujud srada bakthi terhadap Ida Sang Hyang Widhi utamanya Ida Betara Betari yang berstana di Pura Dalem Mawospahit Tibubeneng Kuta Utara maka upacara dan upakara ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memohon kerahajengan umat lan swadarmaning agama di wilayah Tibubeneng Kuta Utara Badung” ucapnya.

 

 

Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa, Pada kesempatan tersebut melakukan mendem pedagingan di pelinggih Meru Tumpang tiga (3) yang ada di Pura tersebut, yang dilanjutkan dengan melakukan persembahyangan bersama untuk memohon keselamatan agar karya yang dilaksanakan dapat berjalan lancar.

 

 

Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa menyampaikan” Pemerintah Kabupaten Badung Sangat Bangga dan Mengapresiasi Krama Banjar Tibubeneng yang telah melaksanakan serangkaian upacara Dewa Yadnya ini dengan ketulusan Iklasan. Ini tiada lain adalah sebagai wujud rasa bakti kehadapan Hyang Prama Wisesa atas anugerah yang diberikan sehinga upacara dan upakara yang telah berjalan dan dilaksnakan oleh krama Br, Tibubeneng mendapat kerahayuan. Wujud Kepedulian Pemerintah Kabupaten Badung yang secara otomatis dapat meringankan beban masyarakat dari segi pendanaan Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa menghaturkan punia sebesar Rp. 25 juta yang diserahkan langsung oleh anggota DPRD Kabupaten Badung A.A. Ngurah Ketut Nadhi Putra diterima ketua Panitia Karya Wayan Ardana, SE.(JCHBd)

 

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *