Prestasi Utsawa Dharma Gita Karangasem Melejit

KataBali.com – Kemampuan tim Utsawa Dharma Gita (UDG) Kabupaten Karangasem ternyata makin moncer saja, setelah sempat melorot dua tahun terakhir kini bangkit lagi melejit ke papan atas di Bali,  menggeser Kabupaten Badung dan mendekati posisi Kota Madya Denpasar. Pada ivent Lomba UDG tingkat Propinsi Bali tahun 2016 Karangasem berhasil keluar sebagai Juara Umum II, posisi yang lama tidak disandang dan sejumlah jago-jagonya berhasil mewakili Bali untuk melenggang ke Lomba tingkat Nasional di Palembang tahun 2017 mendatang.

 

Menurut Kabid Lembaga Tradisional dan Adat Disbudapar I Wayan Witrawan, S.Skar (3-10-2016) mengatakan, tahun 2015 lalu Karangasem sudah menduduki Juara Umum III dengan 5 emas, 9 perak dan 1 perunggu  dari tanpa predikat juara sebelumnya,  dengan mengikutsertakan 79 orang didampingi 20 pembina mengikuti 37 jenis lomba. Kini di Lomba UDG tahun 2016 Karangasem yang dihelat 27-29 September 2016 di Taman Budaya Denpasar, sukses naik peringkat menjadi Juara Umum II menggeser Kabupaten Badung dan mendekati posisi Kodya Denpasar dengan mengantongi 8 emas, 7perak dan 6 perunggu, dengan kekuatan tim yang sama.

 

Tim UDG yang dibentuk berdasarkan SK Bupati dilakukan secara penunjukan langsung untuk sejumlah lomba seperti Dharma Wecana Bahasa Inggris, Bahasa Bali,  Bahasa Indonesia serta kekawin, sementara yang lain berdasarkan hasil seleksi pembinaan dari hasil lomba secara berjenjang.

 

Kadis Budpar I Wayan Purna, S.Sos mengatakan, lomba Utsawa Dharma Gita ini sangat strategis maknanya karena memberi dampak psikologis sangat kuat untuk bisa membina mentalitas dan karakter generasi muda yang berbasis nuansa Agama Hindhu. Pemahaman nilai spiritusl melalui pintu utsawa dharma gita merupakan bagian dari pembelajaran, pencerahan dan syiar agama yang bisa memperkuat jati diri bangsa. Ivent ini harus didukung terus dengan alokasi anggaran yang cukup karena memberi dampak kebanggaan daerah, bahkan dapat dibina melalui sekolah-sekolah oleh guru Agama Hindhu.

 

Pembina Ida Nyoman Sogata menambahkan, bibit-bibit utsawa dharma gita di Karangasem sangat potensial,  bisa diasah dan dibina sehingga bisa keluar sebagai pemenang pada setiap lomba utsawa di semua  jenjang.

 

Keluar sebagai juara I ditingkat Propinsi antara lain jago menghafal sloka anak-anak sebagai juara I Ni Kadek An ya Rospita Yani, di sektor kidung anak-anak tampil sebagai juara  masing-masing Ni Luh Dewi Paramita, Ni Kadek Yuni Sugiantari, Ida Ayu Dinda Siwantari, Ida Bagus Putu Rai Dipa, Dewa Nyoman Ari Trio Saputra dan I Kadek Agus Kirana. Sementara membaca sloka dewasa putra masing-masing I Gede Sira dan Ida Wayan Wahyu Pramana Sogata, sedangkan Dharma Wacana Bahasa Bali Dewasa Putri diraih I Gusti Ayu Yunita Dewi, S.Pd. Untuk palawakya ramaja putra  diraih I Ketut Seriaba dan I Komang Sapa, untuk Dharma Wecana Bahasa Inggris Remaja  Putra diraih I Wayan Bagus Purnama Sidi, Dharma Wecana Bhasa Inggris Dewasa Putra diraih  I Wayan Ardita, S.Pd, Dharma Wecana bahasa Inggris Dewasa Putri diraih atas nama Kade Restikadewi, S.Pd, M.Pd.

 

Sebagai juara II dalam lomba tersebut antara lain untuk Lomba Membaca Sloka Remaja Putri Ni Luh Anik Mertaningsih dan Ida Ayu Nyoman Trisna Sugita Utami, Lomba Menghafal Sloka Remaja atas nama Ida Wayan Gopala Nanda Laksana, Menghafal Sloka Dewasa atas nama Ida Ayu Ketut Wulandari, Dharma Wecana Bahasa Indonesia Anak-Anak Putra  atas nama I Putu Nata Pradnya Putra, Palawakya Remaja Putri Ni Kadek Purnami, Ni Kadek Arsita Tirtadewi, Palawakya Dewasa Putra I Wayan Pasek Ardika dan I Gede Agus Pramana Yoga, Palawakya Dewasa Putri Ida Ayu Made Damayanti dan I Gusti Ayu Ngening Kusuma Dewi.

 

Sebagai juara III masing-masinguntuk lomba  membaca Sloka Anak-Anak Putri Ni Komang Anik Indah dan Ida Ayu Ketut Patria Susanti, Membaca Sloka Remaja Putra I Gede Ageng dan Ida N. Kumara Yana, Membaca Sloka Dewasa Putri masing-masing Ida Ayu Laksmi Gangga Putri dan Ida Ayu Wayan Eka Sugiantari, Dharma Wecana Bahasa Bali Remaja Putra atas nama I Gede Pandita Kusuma, Geguritan Remaja Putri Ni Nyoman Ayu Gita Cahyani dan Ni Luh Ketut Berliani Sari Sulaksani dan Dharma Wecana Bahasa Inggris Remaja Putri atas nama Ni Putu Manik Sutami. (JCHKr)


 

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *