Pemkot Tomohon Kagumi Potensi Pertanian dan Pariwisata di Tabanan

KataBali.com – Potensi pertanian dan pariwisata yang dimiliki Kabupaten Tabanan mampu menjadi magnet bagi wisatawan yang berkunjung ke Tabanan. Tidak terkecuali bagi Pemerintah Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara. Hal tersebut terungkap saat Walikota Tomohon Jimmy F Eman beserta rombongan berkunjung ke Pemkab Tabanan dan disambut langsung oleh Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, Kamis kemarin ( 20/10 ).
Pihaknya sangat mengagumi potensi yang dimiliki Kabupaten Tabanan khususnya di bidang pertanian dan akan menggali lebih dalam sistem pertanian yang dikembangkan di Kabupaten Tabanan.
Bupati Eka dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan Pemkot Tomohon ke Tabanan. Ini membuktikan Tabanan memiliki daya tarik yang begitu besar sehingga dijadikan objek kunjungan. Terkait dengan potensi pertanian dan pariwisata, Bupati Eka menuturkan, Tabanan merupakan daerah agraris yang memiliki sistem pertanian yakni subak.
Menurutnya, subak di Tabanan sudah diatur dalam sebuah awig-awig. “ Di Tabanan, pertanian kita sinergikan dengan pariwisata. Karena dua sektor ini tidak bisa dipisahkan dan menjadi icon Tabanan sekaligus memberikan pemasukan terbesar bagi daerah, “ ujarnya.
Menurutnya, untuk tetap mempertahankan potensi pertanian, saat ini pemerintah menggencarkan BUMdes, dimana BUMdes mendapat kucuran dana sebesar Rp. 200 juta per tahun. Hasil pertanian akan dikelola dikelola oleh BUMdes sehingga tidak ada istilh petani merugi. Selain itu, khusus untuk kawasan pertanian Jatiluwih, pemerintah memberikan kebebasan pajak bagi para petani, sehingga mereka tidak berpikir untuk menjual lahannya.
“ Kami berupaya menekan alih fungsi lahan dengan memberikan keringanan bagi para petani. Hasil produksinya kita beli dan kita memberikan kebebasan pajak pada mereka, sehingga mereka tetap mencinta profesinya sebagai petani,” imbuhnya.
Dirinya berharap, ke depan Kabupaten Tabanan dan Kota Tomohon bisa menjalin kerjsama baik di bidang pertanian dan pariwisata, sehingga dua sektor ini tetap bisa menjadi andalan bagi daerah masing-masing.
“ Mudah-mudahan ke depan kita bisa menjalin kerjasama yang baik, karena bila dilihat dari potensi, kita memiliki potensi yang hampir sama. Terima kasih atas kunjungannya, dan suatu kehormatan bagi kami di Tabanan ila mampu menjadi inspirasi bagi daerah lain,” ujarnya.
Sementara Jimmy F Eman mengatakan, kunjungannya kali ini juga mengajak 23 Lurah yang ada di Kota Tomohon agar mereka bisa mendapat pengalaman baru dan menyerap ilmu yang nantinya bisa diaplikasikan di daerah masing-masing. Menurutnya, untuk merangsang pariwisata dan budi daya bunga, di Tomohon tiap tahunnya digelar Tomohon Flowers Festival ( TFF). “ Kami juga memiliki potensi pertanian yakni tanaman bunga. Untuk merangsang kunjungan wisatawan dan budi daya bunga, kami menggelar TFF tiap tahunnya,” ujarnya.
Dirinya mengagumi program yang diluncurkan oleh Bupati Eka, khususnya di bidang pertanian. Dirinya berharap program ini juga bisa dilakukan di Tomohon, sehingga mampu mendongkrak pendapatan daerah. “ Selain bangga dengan potensi wisata seperti Tanah Lot dan Ulundanu Beratan yang ada di Kabupaten Tabanan, kami juga kagum dengan persawahan di desa Jatiluwih. Hal inilah yang meyakinkan kami untuk belajar banyak hal di Kabupaten Tabanan,” imbuhnya.
Pihaknya juga antusias untuk menjalin kerjasama dengan Pemkab Tabanan bahkan mengundang Bupati Tabanan untuk melihat TFF di Kota Tomohon. “ Kami ingin Bupati Eka bisa melihat lanjung TFF yang kami gelar tahun depan. Mudah-mudahan bisa member inspirasi juga bagi Kabupaten Tabanan,” tandasnya. JCHBl

 

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *