Bupati Giri Hadiri Serangkaian Upacara Tawur Balik Sumpah di Pura Ulun Danu Beratan

 

KataBali.com – Serangkaian upacara tawur balik sumpah di Pura Ulun Danu Beratan, Kabupaten Tabanan, rombongan Pemerintah Kabupaten Badung yang dipimpin Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta, Minggu lalu (21/8) ikut melakukan persembahyangan bersama dalam upacara tersebut.

Selain Bupati Giri Prasta juga Nampak hadir pangelisir Puri Ageng Mengwi, AA Gde Agung dan Sekda Badung, Kompyang R. Swandika. Dalam sempatan tersebut Pemerintah Kabupaten Badung juga memberikan punia untuk kegiatan tersebut sebesar Rp 150 juta dan diterima oleh panitia karya.


Panitia Karya, I Made Kasa mengatakan, upacara tawur balik sumpah di Pura Ulun Danu Beratan ini puncaknya akan dilaksanakan pada anggara kasih Julungwangi atau pada hari Selasa (23/8). Sebelumnya dalam rangkaian upacara tawur balik sumpah ini telah dilaksankan upacara pekelem kerbau, anjing, dan kambing pada Sabtu  lalu (20/8) setelah itu dilanjutkan dengan upacara pemelastian di Pura Watu Klotok.

“ Karya ini merupakan istimewa karena dilaksanakan lima tahun sekali dan sudah pernah dilaksankan pada tahun 2011,”ungkapnya.


Lebih lanjut ia mengatakan, tujuan upacara ini adalah menyucikan danau secara niskala karena air merupakan sumber kehidupan. Selain itu , hal ini juga dimaksudkan untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Bali yang tidak terlepas dari waranugraha Ida Bhatara Ulun Danu Beratan sebagai simbul kemakmuran.

“Dalam upacara ini akan dipupun oleh enam sulinggih serta untuk krama penghayah akan melibatkan 18 desa yang ada di Tabanan,”paparnya. (JcBd)

 

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *