Badan PPSDM Kesehatan Kesehatan Kememnkes RI Adakan Diklat Ilmiah

KataBali.com – Dalam rangka meningkatkan kualitas publikasi pada tenaga pendidik Kementerian Kesehatan dan mempersiapkan agar tulisan hasil karya dari Dosen dan Akademisi dapat masuk ke jurnal nasional terakreditasi dan internasional bereputasi khususnya jurnal yang terindeks di “Scopus” dan Web of Science.

Badan PPSDM kesehatan Kemenkes RI dalam hal ini Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan, menyelenggarakan program Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Publikasi di Jurnal Nasional Terakreditasi dan Internasional Bereputasi di Upt. BPKKTK Dinas Kesehatan Provinsi Bali dari tanggal 1-5 Agustus 2016 yang diikuti sebanyak 30 Orang Tenaga Pendidik yang berasal dari Poltekkes Kemenkes.

Program ini merupakan salah satu wujud Badan PPSDM Kesehatan Kemenkes RI dalam hal ini Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan untuk memberikan akses yang luas bagi dosen pada konteks pengembangan kapasitas (capacity building) bidang SDM di ranah akademik.
Ditinjau dari aspek akademik, Diklat Penulisan Jurnal Nasional/Internasional sangat strategis untuk meningkatkan kualitas publikasi penulisan karya ilmiah berkaitan erat dengan persyaratan dalam pengajuan kenaikan jenjang jabatan fungsional dosen.
Diklat Publikasi Jurnal Ilmiah ini merupakan wahana sharing bersama bagi para dosen dalam meningkatkan mutu publikasi penulisan karya ilmiah yang mampu mendorong para dosen/peneliti dalam menulis karya ilmiah mulai dari action research, karya ilmiah kemudian melakukan penelitian serta pengabdian pada masyarakat sehingga dapat dikenal secara luas dan disitasi.
Pelatihan ini bertujuan agar peserta mampu membuat, menyusun, mengelola artikel Jurnal Nasional ataupun Internasional yang dalam hal ini memperhatikan teknik penulisan yang baik dan benar.
Pelatih/Fasilitator dalam pelatihan ini adalah pelatih yang memiliki kemampuan kediklatan yang telah mengikuti pelatihan Widyaiswara Dasar atau AKTA bagi Tenaga Pelatih Program Kesehatan, pendidikan minimal DIV Bidan Pendidikan sesuai dengan kriteria pendidikan peserta pelatih, memahami kurikulum pelatihan diklat publikasi jurnal ilmiah bagi tenaga pendidik dan menguasai materi yang disampaikan sesuai dengan yang ditetapkan dalam kurikulum pelatihan.
Diharapkan setelah mengikuti pelatihan peserta mampu menghasilkan dan mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal nasional terakreditasi dan internasional bereputasi. Peserta juga setelah mengikuti pelatihan mendapatkan sertifikat yang dikeluarkan oleh PPSDM Kemeterian Kesehatan dengan persyaratan peserta menyelesaikan proses pembelajaran minimal 95 % dari keseluruhan jumlah jam pelajaran.(JcHB)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *