Artha Dipa Resmikan Rumah Pintar Pemilu

KataBali.com -Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa meresmikan Rumah Pintar Pemilu yang bertempat di Kantor Sekretariat KPU Kabupaten Karangasem, Kamis lalu  (28/07/2016).

Acara peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Wakil Bupati Karangasem Artha Dipa yang didampingi oleh Ketua KPU Provinsi Bali, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi dan Ketua KPU Kabupaten Karangasem, I Made Arnawa.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Karangasem I Made Arnawa, pembangunan Rumah Pintar Pemilu ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan informasi terkait sejarah dan mekanisme pelaksanaan Pemilu serta untuk meningkatkan kemampuan penyelenggara Pemilu dalam membantu mengedukasi masyarakat akan pentingnya Pemilu.

“Rumah Pintar Pemilu” ini dilengkapi dengan audio visual dan akan menyasar para pemilih pemula agar mereka memiliki kesadaran dalam menyalurkan hak pilihnya. Rumah Pintar Pemilu ini kami bangun dengan memanfaatkan ruang dari bangunan yang kami miliki dengan fasilitas, seperti penayangan audio visual, ruang pamer, ruang simulasi dan ruang diskusi”, ungkapnya.

Arnawa berharap melalui Rumah Pintar Pemilu ini masyarakat dapat berpartisipasi lebih luas dalam pemilu mendatang. Didalamnya akan dilakukan berbagai kegiatan terkait peningkatan partisipasi dan pelayanan informasi publik dalam bentuk Pusat Pelayanan Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Dengan demikian, diharapkan mampu meningkatkan partisipasi pemilih, baik dari segi angka maupun kualitas pemilih dalam Pemilu sehingga akan terwujud konsep pemilih yang berkelanjutan.

Sementara itu, Ketua KPU Pusat Juri Ardiantoro dalam sambutannya yang dibacakan Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi mengatakan didirikannya Rumah Pintar Pemilu ini sebagai media pembelajaran kepada calon pemilih dan pemilih pemula dalam memperkenalkan nilai-nilai dasar pemilu dan demokrasi.

“Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dibutuhkan sinergi berbagai pihak, terutama lembaga-lembaga pendidikan di setiap jenjang pendidikan, sehingga nantinya akan melahirkan kaum intelektual yang terampil, cerdas dan rasional dalam berdemokrasi,” tambahnya. Pihaknya juga berharap dengan pemanfaatan rumah Pintar Pemilu ini tugas-tugas KPU dalam menyukseskan Pemilu dapat terwujud dengan peningkatan partisipasi yang signifikan.

Dalam sambutannya, Bupati Karangasem yang dibacakan langsung Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa sangat mengapresiasi dan menyambut baik keberadaan Rumah Pintar Pemilu ini. Hal ini sebagai upaya dalam memberikan pemahaman dan pendidikan politik serta nilai-nilai tentang Pemilu yang nantinya bermanfaat bagi masyarakat dengan tujuan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap agar Rumah Pintar Pemilu ini dapat beroperasi secara optimal untuk suatu tujuan, yaitu terwujudnya kesejahteraan masyarakat Kabupaten Karangasem,”tegasnya. Artha Dipa juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama dan bekerjasama guna membangun Kabupaten Karangasem menuju Karangasem yang cerdas, bersih dan bermartabat berlandaskan Tri Hita Karana.

Dalam kesempatan tersebut, dilaksanakan penandatanganan kerjasama antara Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karangasem dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Karangasem yang disaksikan oleh Wakil Bupati Artha Dipa dan Ketua KPU Provinsi Bali Kade Wiarsa Raka Sandi. Hadir pula dalam acara tersebut, unsur Forkopimda Kabupaten Karangasem, Bawaslu, KPU kabupaten/kota se-Bali, para Kepala SKPD terkait, pimpinan partai politik, para Kepala Sekolah SMA/SMK dan para pelajar se-Kabupaten Karangasem.

Diakhir acara, semua undangan yang hadir berkesempatan untuk melihat langsung berbagai fasilitas yang ada di Rumah Pintar, seperti pemutaran film-film kepemiluan, ruang pameran alat-alat peraga Pemilu, yang menampilkan tahapan penyelenggaraan Pemilu, maket TPS dan tata cara memilih. Selain itu, Rumah Pintar Pemilu ini juga dilengkapi dengan ruang simulasi Pemilu dan ruang diskusi.(JcHK)


 

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *