Saut Situmorang Diskreditkan HMI, KPK Ingin Buka Dialog

KataBali.com – Pernyataan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang yang dinilai mendiskreditkan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) terus menuai kecaman sehingga membuay lembaga super bodi KPK itu bersikap dengan membuka ruang dialog untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK, Priharsa Nugraha, meminta kepada PB HMI agar bekepala dingin dalam menyikapi

Pihaknya mengajak kepada PB HMI untuk berdialog. HMI agar bisa tenang menyikapi persoalan ini.

“Kami yakin tidak ada maksud Pak Saut untuk mendeskreditkan HMI,” kata Priharsa dikutip mediajakarta.com  Sabtu 7 Mei 2016.

Priharsa mengungkapkan, KPK menghormati HMI sebagai salah satu organisasi besar dan telah banyak berkontribusi untuk bangsa, termasuk dalam konteks pemberantasan korupsi.

Dalam beberapa kesempatan, KPK dan HMI juga pernah berkolaborasi dalam kegiatan antikorupsi.

PB HMI mengecam pernyataan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang. Saut dalam sebuah acara di stasiun televisi swasta menghina HMI karena mengaitkan alumni HMI dengan tindakan korupsi.

“Kami mengecam keras pernyataan tersebut dan kami menganggap bahwa pernyataan tersebut tidak pantas disampaikan oleh seorang pimpinan KPK,” tegas Ketum PB HMI Mulyadi P. Tamsir.

Pernyataan Saut sangat tendensius dan mendiskreditkan HMI. Terlebih Saut melontarkannya di depan media massa.

Dia pun meminta dewan penasihat dan komite etik KPK mempertimbangkan kembali kelayakan Saut sebagai pimpinan lembaga antikorupsi.

“Untuk itu kami meminta Dewan Penasehat, Komite Etik KPK, dan Komisi III DPR RI untuk meninjau kembali kelayakan dan integritas Saut Situmorang sebagai pimpinan KPK,” kata Mulyadi.

Kecaman terhadap Saut juga membanjiri media sosial Twitter sejak semalam. #SautPelindungKoruptor pun menjadi trending topik hingga Sabtu pagi 7 Mei 2016. (izz)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *