Rakornas KAHMI, Lafran Pane Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

KataBali.com – Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) mengusulkan agar pendiri HMI H Lafran Pane bisa menjadi Pahlawan Nasional.

Usulan itu disampaikan  Presidium Majelis Nasional KAHMI Viva Yoga Mauladi saat menyampaikan pembahasan Lafran Pane (pendiri HMI) agar menjadi pahlawan nasional.

Usulan itu  menjadi salah satu poin dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ke-III Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI), di Plaza Hotel BIC Purwakarta, Jawa Barat (Jabar) yang  secara resmi dibuka Ketua Majelis Penasehat Dr Ir Akbar Tanjung sekitar pukul 22.31 WIB.

Yoga menyampaikan pada saar pembukaan Rakorna KAHMI yang diselengarakan di Purwakarta Jawa Barat.

Termasuk permasalahan kondisi dan dinamika keislaman keindonesiaan dipandang sudah kondusif.

Hanya saja, dari sisi sosial budaya masih ditemukan perbenturan faham dan pandangan. Politikus PAN ini mencontohkan, pada saat Pilkada banyak masalah besar yang muncul.

Salah satunya nilai ras suku dan agama sudah masuk dan dijadikan ke dalam satuan-satuan politik.

“Seharusnya ini dijadikan sebagai kekayaan khasanah kebudayaan Indonesia. Sebab, bangsa Indonesia merupakan plural disatukan dalam bhineka tunggal ika. Di dalamnya ada prinsif bahan-bahan nasionalisme Indonesia,” katanya dikutip jabarnews.com.

Sementara itu hal berbeda disampaikan,  Ketua Presidium KAHMI Jawa Barat Dedi Mulyadi ia menjelaskan, sejak tahun 2003 ia memutuskan untuk menjabarkan gagasan Caknur di wilayah Islam, doktrin dan peradaban.

“Pemerintah belum hadir dan fokus pada perhatian kelompok-kelompok adat. Padahal, saat ditinjau mereka memiliki kesejateraan dan masa depan hidup yang jauh lebih baik. Meski tanpa bantuan jaminan sosial, pendidikan, kesehatan, dan subsidi beras Raskin,” papar Dedi.

Ketua Panitia Rakornas Lukman Malanuang mengharapkan, Rakornas ke-III berjalan serius namun santai.

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih pada pihak panitia lokal yang sudah berupaya mensukseskan Rakornas ini. (ali)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *