P2MKP Tabanan Kembangkan Nilai Tambah Produk Perikanan dan Kelautan

KataBali.com– Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) Kabupaten semakin gencar melakukan pelatihan pengolahan dan pemasaran berbagai produk hasil perikanan dan kelautan.

Kegiatan bertujuan memberi nilai tambah bagi produk-produk perikanan dan kelautan di Kabupaten Tabanan sesuai keinginan pasar.

Karena itu, sejak 26 April 2016 lalu kegiatan pelatihan kembali digelar di P2MKP Karya Lestari di Banjar Dukuh, Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan. Dan, pelatihan ini resmi ditutup pada Jumat (29/4) oleh Nyonya Ni Made Putriningsih Wirna Ariwangsa yang juga ketua panitia merangkap Ketua P2MKP Kabupaten Tabanan.

Saat menutup acara tersebut dia menjelaskan, pelatihan selama empat hari itu diikuti 20 orang peserta yang merupakan anggota dari beberapa kelompok pengolah yang ada di Tabanan. “Namun mereka belum pernah mengikuti pelatihan pengolahan dan pemasaran,” jelasnya.

Selama pelatihan, sambungnya, para peserta menerima materi kurikulum yang meliputi strategi pengolahan dan pemasaran hasil perikanan. Kemudian, pembuatan produk olahan khusus ikan lele dengan berbagai inovasi dan kreasi dengan hasilnya yang terdiri dari beberapa varian. Di antaranya, abon, nuget, kaki naga, keong mas, siomay, hingga bakso.

“Serta bagaimana mengemas produk olahan yang dihasilkan dan bagaimana metode menganalisa usaha lalu memasarkannya,” imbuhnya.

Dikatakan, pelatihan ini diharapkan mampu menambah wawasan dan pengalaman para pesertanya dalam mengolah produk-produk perikanan dan kelautan.

Dia juga menyebutkan, dari sisi potensi perikanan dan kelautan, Tabanan terhitung cukup melimpah. Namun, kwantitas produksi itu harus dibarengi dengan peningkatan nilai tambah yang hanya bisa dilakukan dengan mengembangkan inovasi serta mengamati selera dan keinginan pasar.

Pemateri dalam kegiatan itu terdiri dari Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BP3) Banyuwangi yang juga bertindak sebagai supervisor,  I Gede Agus Surya Pratama; perwakikan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tabanan, serta pengelola P2MKP Karya Lestari.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tabanan I Made Subagiarta menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh peserta, supervisor, serta pihak-pihak yang terlibat selama pelaksanaan pelatihan tersebut.

“Ke depannya, kami berharap kegiatan ini masih bisa berlanjut karena masih banyak kelompok-kelompok yang belum mendapatkan pelatihan pengolahan seperti ini,” ujarnya.

Dia juga mengajak para peserta pelatihan untuk menerapkan ilmu yang diperoleh selama mengikuti pelatihan tersebut. “Semoga secara perlahan bisa dikembangkan sebagai usaha ekonomi untuk menunjang kebutuhan ekonomi rumah tangga,” tandasnya. (ali)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *