Inilah Program Kesehatan Berlapis yang Diperjuangkan Paket SMS

KataBali.com – Pasangan calon Bupati Wayan Sudirta dan Wakil Bupati Made Sumiati (SMS) sudah mencanangkan sejumlah program kongkret bidang kesehatan dalam upaya mengatasi angka kematian bayi lahir(66 per 1000 kelahiran) serta angka kematian ibu melahirkan (10 per 1000 ibu melahirkan).

SMS mencanangkan sejumlah program konkret bidang kesehatan, yang disampaikannya dalam ‘’Debat Layanan Publik’’ di Kantor Ombudsman Bali, pekan lalu.

SMS memaparkan 31 program unggulan, dengan tambahan dana sekitar Rp 100 miliar melengkapi anggaran yang sudah dilaksanakan untuk bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi sosial dan lain-lain. Mereka berkomitmen untuk mewujudkannya bila dipercaya memimpin Karangasem.

Diantaranya, untuk bidang ekonomi dan sosial mencanangkan membangun 1000 rehab rumah per tahun, 500 cubang per tahun, 621 Koperasi Dusun, 78 Koperasi Perempuan tingkat desa, pembenahan pasar tradisional di kecamatan, dana duka untuk setiap warga yang meninggal.

Juga, bantuan untuk penderita cacat permanen. Bidang pendidikan, SMS mencanangkan gratis SPP sampai SMK/SLTA, membangun SMK bidang pariwisata seperti kapal pesiar, perawat, kursus-kursus gratis bidang komputer, bahasa asing, mengemudi, disertai tindak lanjut yang kongkret di bidang lapangan kerja.

Gementara guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, SMS mencanangkan peningkatan insentif Kader Posyandu dari Rp 25 ribu/orang/bulan menjadi Rp 150 ribu, insentif KKDS (Kader Kesehatan Desa Siaga) dari Rp 50 ribu/orang/bulan menjadi Rp 200 ribu.

Selain itu, menempatkan seorang dokter spesialis di Puskesmas, tambahan 2 ambulan, alat kesehatan serta kamar rawat inap, sementara untuk desa yang medannya sulit dan jauh dari Puskesmas, dibangun Puskesmas Pembantu untuk pelayanan kesehatan dasar.

Untuk mendekatkan pelayanan sampai ke pelosok, Pengobatan Gratis berbasis Desa akan dijadikan program rutin.

Itu pasti bisa, apalagi Karangasem punya 8 Puskesmas beserta dokter serta perawat dan staf, sejumlah Pustu, 3000-an Kader Posyandu, 156 KKDS, juga anggaran.

“Sekarang ini pun kami bisa melakukannya, bersama Forum Perempuan, Forum Teruna Teruni, Relawan-relawan Dusun dan Banjar, Kader PDIP, dan para Remaja,’’ papar Sudirta diamini Sumiati.

Kaum ibu yang datang ke Pengobatan Gratis SMS dalam 2 bulan ini, merasa tertolong.

Cukup banyak yang merasakan keluhan ringan, malas ke Puskesmas yang jauh. Kalau pengobatan gratis turun ke desa, ibu-ibu dan bapak-bapak yang lanjut usia, bisa datang dan memeriksakan kesehatannya.

“’Dengan turun begini, mereka bisa mendapatkan pemeriksaan, serta pengetahuan ringan tentang kesehatan,’’ kata Sumiati, calon wakil pendamping Sudirta.

Target dari program kesehatan berlapis-lapis ke desa ini, kelak angka kematian ibu melahirkan serta angka kematian bayi lahir, bisa ditekan serendah mungkin.(maf)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *