Pokdakan Tabanan Masuk Tiga Besar Lomba Ikan Hias Nasional

KataBali.com  – Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Darma Nadi di Desa Buruan, Kecamatan Penebel mewakili Kabupaten Tabanan dalam lomba Unit Penanganan Pengolahan Hasil Perikanan Nonkinsumsi (UPPN) Skala Mikro 2015 Kategori Ikan Hias Tingkat Nasional.

Pokdakan Darma Nadi telah diverifikasi  tim UPPN Nasional pada 8 Oktober 2015 dan setelah lolos lima besar tingkat nasional, dalam kategori UPPN Skala Mikro Kategori Ikan hias.

“Verifikasi kedua ini merupakan tindaklanjut dari verifikasi pertama untuk menentukan lima nominasi, setelah finalisasi lomba oleh tim nasional untuk menentukan tiga besar di tingkat nasional,” jelas Ketua Tim Verifikasi Hadi Susanto dari Direktorat Bina Mutu dan Diversifikasi Produk Kelautan Minggu (25/10/2015).

Dalam paparannya, Ketua Pokdakan Darma Nadi Nyoman Darma Susila mengemukakan, pembenihan dan pembesaran ikan koi merupakan salah satu dari kegiatan usaha Pokdakan Darma Nadi.

Kata dia, khusus untuk pembenihan dan pembesaran ikan kami namakan Buruan Koi Farm yang berdiri sejak 18 Januari 2010.

“Untuk jenis ikan koi yang dikembangkan Buruan Koi Farm ada 10 varietas, yakni varietas Kohaku, sanke, Showa, Hariwake, Yamabuki Ogon, ogon platinum, Shiro Beko, Shiro utsuri, Asagi dan Tancho,” sebut dia.

Di antaranya verietas tersebut yang  paling populer dan laris adalah varietas kohaku.

Aneka varietas ikan koi tersebut, indukannya berasal dari Mamotaro dan Sakai Jepang.

Soal pemasarannya cukup lancar. Selain di pasar ikan hias juga menyasar vila dan hotel yang ada di Bali.

Untuk pemasaran pihaknya bekerja sama dengan kios pengecer ikan hias dan Bali Koi Club.  Sedangkan untuk pembesaran, pihaknya bekerjasama dengan Pokdakan yang ada di Tabanan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlaut) Kabupaten Tabanan Made Subagia di sela-sela verifikasi menyebutkan, dalam Lomba UPPN Skala Mikro, dua kelompok duta Tabanan masuk di tingkat nasional untuk ketegori ikan hias dan kategori kekerangan.

Diketahui, Poklahsar Bali Kerang di Desa Kukuh, Kecamatan Marga masuk lima besar tingkat besar di tingkat nasional dalam lomba UPPN kategori kekerangan.

“Sedangkan Pokdakan Darma Nadi yang diverfikasi saat ini,  masuk ke dalam tiga besar,” tutupnya. (adi)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *