Solusi XL Pay Point Dorong Penguatan UKM RI

KataBali.com – Melalui solusi IoT (Internet of Things), XL berkomitmen untuk selalu mendukung usaha-usaha yang memajukan perekonomian kecil dan menengah (UKM), serta koperasi. XL telah mengembangkan solusi inovatif bernama “XL Pay Point” yang dapat meningkatkan produktivitas UKM.

Dengan solusi terbaru ini, pelaku UKM akan lebih mampu menjangkau individu yang menjadi target market mereka, terutama mereka yang selama ini belum memiliki akses ke jasa layanan perbankan atau belum memiliki rekening bank.

Direktur/Chief Digital Service Officer XL, Ongki Kurniawan mengatakan, “XL Pay Point sekaligus juga akan bermanfaat bagi para Penyedia Jasa Pembayaran Online (Payment Point Online Bank/PPOB).

Layanan ini dapat menjadi solusi bagi para pelaku usaha kecil menengah dalam mempermudah transaksi penjualan dengan para pelanggannya, terutama di kota-kota kecil di mana masyarakat belum banyak yang menggunakan transaksi elektronik menggunakan ponsel”.

“Solusi ini terdiri dari aplikasi, paket data XL dan perangkat Pay Point berupa mesin penjual otomatis mini vending machine,” katanya dalam rilisnya Selasa 29 September 2015.

Alat ini bisa diletakkan di tempat-tempat strategis, yang mudah dijangkau oleh pelanggan atau pasar yang disasar pengusaha terkait.

XL Pay Point dapat dimanfaatkan antara lain untuk menjual jasa dan barang seperti pengisian pulsa, dompet elektronik, kredit permainan, pembelian Starter Pack maupun transaksi keuangan seperti pembayaran pinjaman cicilan dan tagihan.

Para pelaku UKM bisa memanfaatkan solusi inovatif ini dengan sistem kontrak berlangganan selama setahun. Solusi ini ditawarkan secara bundling yang terdiri dari perangkat mesin elektrik, aplikasi transaksi yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan pelanggan serta layanan paket data XL.

XL kini telah siap menawarkan layanan ini ke seluruh area operasi XL, baik di area Jabotabek maupun di luar daerah.

Adanya solusi ini, pengusaha UKM atau koperasi tidak perlu lagi membuka kios tradisional yang memerlukan banyak investasi.

Karena adanya solusi ini pula, pelanggan akhir yang tidak memiliki rekening bank (unbankable) dapat dengan mudah melakukan pembelian maupun transaksi pembayaran lainnya. Solusi ini sekaligus bermanfaat untuk memperluas dan mempermudah distribusi jasa kepada pelanggan.

Bertransaksi dengan XL Pay Point sangat mudah. Pembeli atau pelanggan UKM tinggal memasukkan sejumlah uang sesuai dengan ketentuan nominasi yang tertera di mesin.

Selanjutnya, pelanggan memilih menu transaksi yang dikehendaki dari layar monitor dan kemudian secara otomatis XL Pay Point akan memproses transaksi tersebut.(maf)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *