OJK Perkuat Ketahanan dan Integritas IJK Indonesia Terapkan Strategi Anti Fraud

KataBali.com- Jakarta- OJK berkomitmen memperkuat ketangguhan sektor jasa keuangan memastikan stabilitas sektor jasa keuangan ditengah meningkatnya risiko fraud dan ancaman finansial global.Hal tersebut dilakukan melalui langkah mencakup penguatan regulasi terkait Anti-Fraud, mendorong penerapan tata kelola yang baik, dan penggunaan supervisory technology dan Artificial Intelligence (AI) dalam pelaksanaan pengawasan.

Ketua Dewan Audit OJK Sophia Wattimena paparan hal itu pada Association of Certified Fraud Examiners (ACFE) Fraud Conference Asia Pacific 2024 tema “Building Resilient Financial Systems” oleh ACFE Global secara daring 11-12 September 2024.

Sophia menekankan,untuk menghadapi tantangan fraud yang kompleks khususnya pada Industri Jasa Keuangan ( IJK ) diperlukan pendekatan kolaboratif antara OJK dengan IJK, aparat penegak hukum, lembaga pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya.Dengan Kolaborasi semua pihak dapat menyelaraskan upaya mendeteksi, mencegah, dan merespons fraud.

Dalam upaya pencegahan dan penindakan kecurangan Sektor Jasa Keuangan, OJK telah menerbitkan regulasi terkait tata kelola dan Anti-Fraud menjaga integritas di sektor jasa keuangan, antara lain Peraturan OJK (POJK) No. 12 tahun 2024 tentang Penerapan Strategi Anti-Fraud bagi Lembaga Jasa Keuangan ( LJK ) merupakan POJK terintegrasi diterapkan seluruh sektor jasa keuangan, POJK No. 17 tahun 2023 tentang Tata Kelola Bank Umum, dan POJK No. 8 tahun 2023 tentang Penerapan Program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APUPPT) dan Pencegahan Pendanaan Proliferasi Senjata Pemusnah Masal (PPPSPM) di Sektor Jasa Keuangan.

OJK terus melakukan pengawasan implementasi peraturan telah diterbitkan dan melakukan evaluasi peraturan berkala bentuk komitmen Indonesia sebagai anggota Financial Action Task Force (FATF), telah didapat sejak Oktober Tahun 2023.Konferensi dihadiri oleh profesional Bidang Anti-Fraud, Internal Audit dan Governance dari seluruh Asia. Nn

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *