OJK Dorong Peningkatan Literasi Keuangan Bagi Guru SD/ MI Secara Nasional

KataBali.com-Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mempercepat peningkatan literasi keuangan masyarakat termasuk kepada kalangan guru merupakan bagian dari Sasaran Prioritas Penerima Program Edukasi berdasarkan Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021-2025.

Training of Trainers Bagi Para Guru SD/MI Nasional dimoment Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024, sinergi dua Kementerian yaitu Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta Kementerian Agama Republik Indonesia, di Senin– di Jakarta

Bertetema ‘Guru Cerdas Keuangan, Wujudkan Masa Depan Sejahtera’, Kegiatan dilaksanakan secara hybrid dan dihadiri oleh 400 lebih guru di wilayah Jakarta secara offline dan sekitar 2.700 lebih guru lainnya seluruh Indonesia secara online.

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi mengatakan keberadaan sekolah dan guru salah satu faktor penting bisa mengakselerasi tingkat literasi keuangan mewujudkan masa depan lebih sejahtera.

“Ibu dan Bapak sekalian adalah agent of change dan agent of development sangat kita harapkan mengedukasi pendidikan, informasi tentang jasa keuangan. mohon dari acara ini tidak boleh dibawa sendiri, tapi menjadi trainers, pelatih, penyebar kebaikan, penerus ilmu untuk anak-anak ini Ibu Bapak sekalian, terutama untuk diri Ibu dan Bapak juga,” kata Friderica.

Edukasi keuangan menyebut, literasi keuangan merupakan essential life skill yang harus diberikan kepada seluruh anak Indonesia,“ Rasanya pendidikan keuangan, literasi keuangan merupakan satu essential life skill harus kita miliki dan ajarkan, juga untuk Ibu Bapak guru semua. Literasi keuangan tidak kalah penting dengan materi pembelajaran sekolah karena membantu Bapak dan Ibu dan peserta didik mengenal uang bagaimana memperolehnya,menyimpan,dan membelanjakan dengan bijak kehidupan sehari-hari,” kata Friderica.

Rachmadi Widdiharto mengapresiasi inisiasi OJK dalam memberikan pelatihan bagi para Guru khususnya bagi rekan-rekan Guru Sekolah Dasar maupun Madrasah Ibtidaiyah.

“Penting untuk mengedukasi rekan guru, bagaimana agar literate dengan finansial, bagaimana memilih skala prioritas keinginan dan kebutuhan, seperti ini luar biasa strategis melaksanakan ToT ini, sehingga rekan guru lebih well informed dan well educated tentang finansial ini,” kata Direktur Guru Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Rachmadi Widdiharto.

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Agama RI, Thobib Al Asyhar mengapresiasi pentingnya kegiatan ini bagi para masyarakat dan guru sehingga dapat memajukan masyarakat menjadi lebih baik.

“Tentu kegiatan ToT literasi keuangan ini sangat penting bagi kehidupan kita, khususnya guru dan stakeholder madrasah. Agar kita mampu untuk mengelola keuangan dengan baik,” tambah Thobib. nn

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *