FP Unwar dan Unram Sepakati Implementasi Kelas Kolaboratif dan Publikasi Bersama

KataBali.com – Mataram, Fakultas Pertanian, Universitas Warmadewa (FP Unwar) dan Fakultas Pertanian Universitas Mataram (FP Unram) sepakati implementasi kelas kolaboratif dan publikasi bersama.


Kesepakatan ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan di kedua institusi. Hal ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat kerjasama antara kedua universitas tersebut dalam memberikan pengalaman belajar yang lebih efektif bagi mahasiswa. Kesepakatan tertuang dalam perjanjian kerjasama yang ditandatangani pada Senin (27/5) di Mataram

Wakil Dekan Bidang Akademik, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Ir. Yan Tonga, MP menyampaikan kelas kolaboratif merupakan pendekatan pembelajaran yang melibatkan kerjasama aktif antara mahasiswa, dosen, dan pihak lainnya dalam proses pembelajaran. Dengan menerapkan pendekatan ini, mahasiswa tidak hanya fokus pada pengetahuan individual, tetapi juga pada pemahaman bersama dan solusi masalah kolektif.

“Ini menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif, memungkinkan mahasiswa untuk berbagi ide, mengembangkan keterampilan komunikasi, dan memperoleh perspektif baru” kata Yan Tonga.

Yan Tonga menekankan publikasi bersama juga menjadi fokus utama perjanjian ini. Kedua universitas akan bekerja sama untuk mengembangkan platform digital yang memungkinkan mahasiswa untuk berbagi pengetahuan dengan masyarakat luas. Upaya Ini akan menciptakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan menulis mereka sambil memberikan kontribusi positif kepada komunitas akademik.

Menurutnya, Implementasi kelas kolaboratif dan publikasi bersama di FP Unwar dan Unram tidak hanya membawa perubahan signifikan dalam metode pengajaran, tetapi juga mencerminkan komitmen kedua institusi terhadap inovasi dalam pendidikan. Dengan fokus pada kerjasama dan pemecahan masalah kolektif, mahasiswa di kedua universitas akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk berkembang secara akademik serta menjadi warga dunia yang berkontribusi.

Dr. Hairil Anwal, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Fakultas Pertanian Unram menyampaikan perjanjian kerjasama menjadi penting bagi FP Unram dalam upaya pemenuhan target yang tertuang dalam visi misi. Unram menarget mampu mewujudkan proses pendidikan yang berdaya saing nasional dan internasional. Selain itu juga terdapat target mampu berdaya saing internasional berbasis riset tahun 2025.

Dalam acara penandatanganan perjanjian kerjasama antar kedua fakultas juga ditandatangani implementasi kegiatan antara Prodi Agroteknologi FP Unwar dan Unram. Implementasi kegiatan tersebut berupa pelaksanaan program kemitraan masyarakat “Pemanfaatan Potensi Pertanian Lokal Melalui Penerapan Teknologi Tepat Guna Mendukung Pertanian Berkelanjutan”. mul

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *