Rekomendasi Motor Trail Terbaik Bagi Pemula

KataBali.com – Kemajuan teknologi telah menciptakan mesin yang lebih bertenaga untuk sepeda motor. Apalagi jika motor tersebut khusus untuk menaklukan medan-medan terjal. Motor trail menjadi pilihan yang tepat untuk mereka yang tinggal di daerah pegunungan.

Motor trail ini memiliki tenaga yang sangat besar untuk melibas daerah pegunungan baik jalan beraspal maupun tanah, atau berpasir. Namun bukan masyarakat di pegunungan yang membutuhkan motor dengan spesifikasi off road. Bahkan sekarang ini penggemar motor trail juga terus bertambah.

Selain tampilannya yang sporty dan gagah, sepeda motor trail ini dikenal mampu tampil dengan baik di jalanan offroad. Bukan saja jalan tanah dan berpasir motor trail juga bisa dipacu di jalanan beraspal yang mulus.

Sehingga tak heran banyak pabrikan yang menciptakan beberapa motor trail seperti Kawasaki KLX, CRF 150, Viar cross x, dll. Namun dari banyaknya motor trail yang ada dipasaran tentu membuat kamu bingung untuk memilih yang terbaik.

Rekomendasi Motor Trail Terbaik

Jika kamu sedang mencari motor trail terbaik, maka ada beberapa rekomendasi yang bisa kamu pilih, diantaranya adalah:

1. Yamaha Trail WR 155

Sebagai salah satu pabrikan motor terbesar di dunia,Yamaha pun menggarap segmen motor trail. Mereka seakan tak ingin ketinggalan dalam mengembangkan motor berkualitas untuk offroad, salah satunya adalah Yamaha Trail WR 155.

Motor yang tampil dengan desain yang gagah ini dibenamkan dapur pacu yang sangat mumpuni. Yamaha WR 155 ini menggunakan mesin 155 cc, sehingga sangat cocok diajak untuk menanjak. Dengan harga estimasi antara Rp 39 juta hingga Rp 40 juta kamu bisa membawa pulang motor ini.

Selain itu, detail lain dari motor ini adalah suspensi panjang dan panjang, 4 langkah dan VVA, pendingin air, dll. Secara keseluruhan, sepeda motor ini menawarkan kendaraan yang kuat, stabil, dan tahan lama di berbagai kondisi jalan.

2. Kawasaki KLX150 SE

Raksasa di segmen motor trail salah satunya adalah Kawasaki dengan motor trail KLX 150 SE merupakan motor yang diluncurkan pada tahun 2023 lalu. Sepeda motor ini dilengkapi dengan fitur-fitur menarik lainnya seperti mesin 144 cc.

KLX 150 adalah sepeda motor offroad yang tangguh dan handal. Ditenagai oleh mesin 144cc, KLX 150 mampu menghasilkan tenaga maksimum 11 hp dan torsi 11.3 Nm. Dengan top speed mencapai 100 km/jam, KLX 150 adalah pilihan yang sangat baik untuk menghadapi tantangan medan off-road.

Kawasaki memproduksi motor jenis ini dalam 4 produk varian, diantaranya yaitu model Kawasaki KLX 150 standar, Kawasaki KLX 150 BF, Kawasaki KLX 150 BF SE, Kawasaki KLX 150 BF SE Yellow. Perbedaan antara KLX standar dan KLX BF hanya terletak pada peleknya, sedangkan KLX BF memiliki pelek yang terbatas.

Selanjutnya kita akan membicarakan suspensi. Berbicara motor trail maka hal yang paling mendapatkan pekerjaan  keras adalah bagian suspensi. Kawasaki KLX 150 juga memiliki suspensi yang sangat baik sehingga memberikan kenyamanan saat menggunakan motor ini di jalan tanah atau aspal.

Suspensi depan menggunakan garpu torsion beam berukuran 35mm, sedangkan suspensi belakang menggunakan jenis suspensi Unitrack, with 5-way adjustable preload.

Jika kamu tertarik untuk membawa pulang KLX 150 SE maka kamu bisa menyediakan dana antara Rp 40 juta hingga Rp 41 juta.

3. Honda CRF 150

Rekomendasi selanjutnya yang bisa kamu pertimbangkan adalah raksasa segmen motor trail lainnya yaitu Honda CRF 150. Honda selain menguasai pasar motor matic, Honda juga salah satu pabrikan yang diperhitungkan untuk motor sport maupun motor trail.

Honda juga merilis model sepeda motor bernama Honda CRF 150. Motor trail ni mempunyai teknologi dan fitur yang tidak kalah dengan kendaraan lainnya. Honda CRF 150 ini memiliki mesin PGM Fi 150 cc. Selain itu, motor ini juga memiliki cover belakang Plug & Play serta ban depan dan belakang berukuran 21 inci.

Meskipun sedikit lebih kuat dari KLX 150, CRF 150 memiliki top speed yang sama, yaitu 100 km/jam. CRF 150 juga dilengkapi dengan suspensi depan teleskopik yang kuat dan suspensi belakang Pro-Link yang dapat diatur.

Suspensi yang baik memberikan kenyamanan dan stabilitas saat melintasi medan off-road yang kasar. Dengan frame yang kuat dan bobot yang ringan, CRF 150 memberikan manuver yang lancar dan mudah dikendalikan di medan yang sulit.

Harga CRF 150 berada diantara Rp 38 juta hingga Rp 39 juta, tentunya harga ini tergolong murah jika dibandingkan dengan kompetitornya seperti Kawasaki KLX 150 atau Yamaha WR 155.

4. Kawasaki KLX 230

Kawasaki memang dikenal dengan produk motor trail yang mumpuni dan memiliki ketangguhan dalam melibas medan offroad. Selain KLX 150, Kawasaki juga memiliki produk dengan mesin yang lebih besar dan bertenaga yaitu KLX 230.

Motor trail ini tentunya sangat kuat karena KLX 230 ini memiliki mesin besar dengan kapasitas 230 CC. sehingga menjadi rekomendasi terbaik jika kamu membutuhkan motor trail yang memiliki tenaga super power.

Selain memiliki keunggulan dari segi kapasitas, motor trail ini juga mempunyai spesifikasi unggul lainnya yaitu air-cooled, fuel-injected,4-stroke single dengan electric start, 17″ front & rear wheels with road tires, dan lain-lain.

Jika kamu tertarik dengan motor Kawasaki KLX 230 ini maka kamu bisa menyediakan dana Rp 56 juta hingga Rp 57 juta, maka kamu bisa merasakan sensasi melibas medan pegunungan yang ekstrem.

5. Mforce IB GY150

Rekomendasi motor trail selanjutnya adalah motor Mforce IB GY 150. Sepeda motor ini memiliki mesin dengan kapasitas 150 cc. Torsi maksimal mobil ini sebesar 12 Nm pada putaran 5.500 rpm. Selain itu motor ini hadir dengan suspensi depan dan suspensi belakang berjenis monoshock.

Spesifikasi lainnya yang bisa kamu temukan pada Mfore IB motor GY 150 adalah mesin satu silinder yang membuatnya semakin iri serta 5 percepatan. Untuk harga motor ini dibanderol cukup murah jika dibandingkan dengan kelas motor trail.

Harga motor ini berada di estimasi antara Rp 26 juta hingga Rp 27 juta. Cukup terjangkau untuk kamu yang suka dengan motor trail tetapi keterbatasan dana. **

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *