Pemkab Kaimana dan PUPAR Unud Sepakat Lanjutkan Kerjasama Pengembangan Destinasi Unggulan Teluk Triton

KataBali.com – Denpasar – Bupati Kabupaten Kaimana Provinsi Papua Barat Fredy Thie melakukan pertemuan khusus dengan Rektor Unud Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT., Ph.D di Gedung Rektorat Kampus Jimbaran, Selasa (19/3/2024). Usai pertemuan tersebut, Bupati Fredy Thie melakukan diskusi khusus Pusat Unggulan Pariwisata Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PUPAR LPPM) Unud Dr. Agung Suryawan Wiranatha terkait tindak lanjut kerjasama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaimana dengan PUPAR Unud. Disbudpar Kaimana dan PUPAR Unud menjalin kerjasama erat sejak Tahun 2021 terkait rencana pengembangan destinasi wisata unggulan Teluk Triton, Kabupaten Kaimana. Pada pembicaraan tersebut kedua belah pihak melanjutkan kerjasama agar destinasi wisata unggulan dapat terwujud secepatnya.

Bupati Fredy Thie meminta tim PUPAR bersedia membantu mempromosikan Masterplan Pariwisata Teluk Triton yang disebut sebagai Triton Bay Tourism Area (TRIBATA) kepada kalangan investor untuk mendukung penyediaan sarana penunjang kepariwisataan seperti akomodasi ramah lingkungan maupun pengemasan paket perjalanan wisata. “Di samping itu, tim PUPAR kami mohon bantuannya untuk turun membantu sosialiasi TRIBATA ke masyarakat di kampung-kampung. Hal ini perlu dilakukan agar ide-ide pengembangan pariwisata yang dituangkan di masterplan dapat disampaikan secara langsung dan tidak menimbulkan salah tanggap di masyarakat,” tegas Bupati Fredy Thie. Ditambahkan, Pemkab Kaimana masih memiliki keterbatasan SDM kepariwisataan sehingga komunikasi ke pihak investor maupun stakeholder lokal acap kali mengalami hambatan.

Ketua Pupar Dr. Agung Suryawan Wiranatha, M.Sc. didamping peneliti PUPAR Dr. Nyoman Ariana, M.Par menanggapi permasalahan tersebut. “PUPAR siap all out mengerjakan berbagai kegiatan untuk mendukung percepatan pariwisata berkelanjutan di Kabupaten Kaimana khususnya Teluk Triton,” tegas Dr. Agung Suryawan. Dikatakan, PUPAR akan merancang invesmentexpo dan juga sosialisasi ke masyarakat secara simultan. Sedangkan Dr. Nyoman Ariana menambahkan dokumen perencanaan Teluk Triton sudah relatif lengkap sehingga pembangunan TRIBATA siap diwujudkan. Dijelaskan, Tahun 2021 dilaksankan studi kelayakan, lanjut penyusunan masterplan (2022) dan penyusunan DED (detail engineering design) tahun 2023. “Ada dua dokumen yang perlu dilengkapi yakni DPPT (dokumen perencanaan pengadaan tanah) dan businessplan, dengan demikian TRIBATA bisa terwujud dan semoga dapat memenuhi harapan berbagai pihak dimana destinasi unggulan Teluk Triton disamping menguntungkan secara ekonomis, secara sosial diterima masyarakat local dan tidak menimbulkan kerusakan lingkungan yang massif,” tegas Dr. Nyoman Ariana.

Sementara itu saat bertemu Rektor Unud Prof. Ngakan Putu Gede Suardana, Bupati Freddy Thie menyampaikan bahwa ada beberapa kerja sama yang sudah berjalan antara Kabupaten Kaimana dan Universitas Udayana diantaranya dengan Fakultas Kedokteran yakni pengiriman residen yang masih berlangsung hingga sekarang, kemudian dari Fakultas Pariwisata terkait pariwisata. Pihaknya berharap mudah-mudahan ada dokter tetap yang bisa ditugaskan di Kabupaten Kaimana. Melalui audiensi tersebut Bupati juga berharap anak-anak Kaimana bisa diberikan kesempatan untuk mengikuti pendidikan dokter dan yang sudah dokter umum bisa ke dokter spesialis di Universitas Udayana. Kemudian berkaitan dengan pariwisata pihaknya juga sudah mencoba mengangkat potensi-potensi yang ada melalui inovasi dan investasi namun belum ada yang masuk ke nasional baru lokal saja. Unud diharapkan bisa memberikan masukan terhadap langkah-langkah yang bisa dilakukan dan memiliki jaringan pihak ketiga yang bisa turut membantu hal ini.

Rektor Unud Prof. Ngakan Putu Gede Suardana menyambut baik kehadiran Bupati Kaimana dalam rangka meningkatkan jalinan kerjasama yang telah dilakukan untuk kemajuan institusi masing-masing. Melalui kesempatan tersebut Rektor mempersilakan untuk memanfaatkan staf yang dimiliki Unud untuk membatu pengembangan wisata di Kaimana. Terkait dengan pendidikan bisa dilakukan dengan jalur kerja sama institusi bagi putra daerah yang ingin mengabdi kembali ke daerahnya untuk pemerataan SDM di Indonesia. Disamping itu ada peluang kerja sama Unud dengan pemerintah daerah berkolaborasi dengan perguruan tinggi yang ada disana untuk pengembangan PSDKU. (*)

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *