Optimalkan Momentum Ramadan 2024,OJK Gelar Kampanye Nasional Keuangan Syariah

KataBali.com-Jakarta,13-Maret-2024.Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus meningkatkan kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak untuk mendorong literasi dan inklusi keuangan syariah dengan mengoptimalkan momentum Ramadan 2024 atau 1445 Hijriah melalui program Gebyar Ramadan Keuangan Syariah (GERAK Syariah) 2024 kampanye nasional keuangan syariah selama Bulan Ramadan.

Kampanye ini berkolaborasi OJK bersama pemangku kepentingan (stakeholders) penggerak keuangan syariah antara lain Pelaku Usaha Jasa Keuangan Syariah (PUJKS), Asosiasi Pelaku Jasa Keuangan Syariah, Bank Indonesia (BI), Kementerian Agama Republik Indonesia, Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Tim Percepatan Keuangan Daerah (TPAKD), Media Massa, influencer, tokoh agama, dan tokoh penggerak keuangan syariah lainnya.

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi hadir dalam kegiatan pembukaan GERAK Syariah  secara 0 virtual  Rabu, 13 Maret 2024  dihadiri 3.000 orang peserta online dari seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Friderica mengatakan,OJK terus  berkolaborasi dan bekerja sama meningkatkan indeks literasi dan inklusi keuangan syariah di Indonesia.Berdasarkan Survei Nasional Indek Literasi dan Inklusi Keuangan syariah 2022 baru mencapai 9,14 persen dan 12,12 persen, dibandingkan dengan indeks literasi dan inklusi keuangan nasional sebesar 49,68 persen dan 85,1 persen.

“OJK dan seluruh pemangku kepentingan bergerak menebarkan manfaat dan keberkahan melalui peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah kepada masyarakat berkolaboratif  menjangkau lapisan masyarakat seluas-luasnya dengan harapan mewujudkan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah dunia,” kata Friderica.

Kampanye keuangan syariah yang masif dan merata, OJK menyelenggarakan GERAK Syariah serentak di 35 Kantor OJK di daerah, berkolaborasi dengan PUJKS dan diwilayah kerjanya, termasuk Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS).

Kampanye keuangan syariah terdiri dari 295 literasi keuangan syariah, 124 kegiatan inklusi keuangan syariah, dan 146 kegiatan sosial ipadukan dengan kegiatan literasi/inklusi keuangan syariah, dengan total target peserta edukasi sebanyak 786.929 orang, total target masyarakat terinklusi sebanyak 2.074.419 orang, dan total target masyarakat terlibat dalam kegiatan sosial  dipadukan dengan kegiatan literasi/inklusi keuangan syariah sebanyak 669.347 orang.

GERAK Syariah 2024  sampai 10 April 2024 dengan dua kegiatan utama, yaitu KOLAK (Kajian dan Obrolan Seputar Keuangan Syariah) dan KURMA (Kompetisi Keuangan Syariah di Bulan Ramadan). KOLAK akan diisi oleh kegiatan webinar, podcast, talkshow radio, dan edukasi di media sosial.

Sementara itu,KURMA terdiri kompetisi/kuis Lomba Kultum Keuangan Syariah, Lomba Reels Edukasi Keuangan Syariah, Lomba Hadrah, Lomba Call for Content, dan Kuis Mingguan. Panitia GERAK Syariah 2024 menyiapkan hadiah  total Rp 80 juta, e-certificate dan hadiah menarik lainnya. Semua  GERAK Syariah 2024  di-update  kanal media sosial resmi OJK  dan Sikapiuangmu. nn

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *