Kades Brabe, Sunardi Membangun Tempat Wisata Dam 8 Dalam Rangka Meningkatkan PAD

KataBali.com – Probolinggo – Dam Wolu menjadi ikon salah satu potensi wisata desa Brabe kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo. Pemerintah desa terus berinovasi memaksimalkan potensi untuk menambah pendapatan desa. Salah satunya dengan membuka unit usaha cafe. Dan dinamai Cafe Dam 8 (red. wolu).

foto: tempat selfie

Adapun bangunan cafe Dam 8 nantinya tidak hanya sebagai tempat untuk nongkrong juga disekitar akan dibangun kolam renang anak sebagai daya tarik cafe tersebut. Cafe Dam 8 adalah dikelola Bumdes Sinar Jaya, dan biaya investasi menghabiskan Rp 184.437.000 , untuk gapura dapat bantuan BK 50 juta sedangkan untuk peralatan dan meja kursi , lampu dan tempat selfi , sound sitim 60 juta rupiah. Dan juga ditambah peralatan dari inventaris Bumdes untuk cafe ini seperti alat masak, kulkas, alat roasted kopi di coffee bar dan lainnya.

foto: tempat meeting


Cafe Dam 8 ini bisa digunakan untuk tempat pertemuan, ultah dan dari pendapatan didapatkan dari jual mamin serta. Bulan April Cafe ini dibuka dan 23 Desember 2023 Cafe ini dilaunching.

foto : selfie siang hari

Kades Brabe Pak Sunardi, mengatakan bahwa dengan adanya Bumdes ini adalah inovasi Desa dalam rangka meningkatkan potensi desa sekitar Dam 8 sebagai destinasi wisata, juga menciptakan lapangan pekerjaan 4-8 lapangan kerja, tergantung session pengunjung.

Sunardi, Kepala Desa Brabe, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo

Pemandangan alam yang asri dengan gemercik air yang turun dari dam, membuat Dam Wolu, banyak dikunjungi wisatawan. Untuk lebih banyak menggaet wisatawan,pat nongkrong, manceng, keluarga , pertemuan serta rekreasi lainnya seperti rencana kolam renang anak.

pak kades Sunardi awasi proyek gapura cafe Dam 8

“Untuk ijin Kami sudah berizin ke PSDA Provinsi Jawa Timur. Alhamdulillah mendapat respons baik. Dan kami sewa 18 juta per tiga tahun. Tinggal pelaksaan pembangunan cafenya saja,” ujar Kepala Desa Brabe, Sunardi yang baru menjabat dua tahun setengah sejak dilantik tahun 2021.

foto : coffee shop

Cafe ini dibangun secara semi permanen. Menggunakan struktur bangun berbahan dasar kayu. Bahan kayu akan memberi kesan asri, terang Sunardi yang asli warga Brabe dan memiliki dua anak, satu putera dan satu puteri.

Sunardi mengatakan, tidak hanya akan membangun kafe, rencana akan bangun penginapan dengan bangunan full kayu. Areal ini akan dilengkapi dengan tempat bermain anak.

Harapan kedepannya desa lebih maju meningkatkan taraf kehidupan masyarakat di bidang ekonomi, sekaligus cafe Dam 8 ini sebagai percontohan usaha bagi warga di desa kami serta bisa meningkatkan Pendapatan Asli Desa, tutup Sunardi. tm


katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *