Diinisiasi Danone Indonesia, Duta GESID Kunjungi Bali Pet Collection Center Gencarkan Edukasi Gizi Interaktif

KataBali.com-Denpasar – Dalam rangka Peringati Hari Gizi, Sekitar 25 orang Tim Duta Generasi Sehat Indonesia ( GESID ) mengunjungi Bali Pet Collection Center di kawasan Desa Kesiman, Denpasar Timur. Kedatangan mereka untuk lebih mengetahui lebih jauh proses pengumpulan dan pemilihan botol bekas berbagai ukuran kemasan air Aqua produk Danone Indonesia, yang dikumpulkan dari masyarakat berbagai komponen di sekitar Bali dan Nusa Tenggara Barat, kemudian didaur ulang menjadi kemasan baru secara steril oleh perusahaan di Jawa Timur.

   Selama di Bali, Duta GESID bersama pendampingnya diajak mengunjungi Glagalinggah di lereng Kintamani sebagai daerah resapan untuk Hulu Sungai Badung. Mereka belajar perlunya alam dijaga dengan kolaborasi semua elemen yang ada, juga kuatnya kearifan lokal yang menjadi pengikatnya. Selanjutnya mereka juga terlibat dengan aktifitas membersihkan sampah di pantai, sekaligus memahami bagaimana sampah tersebut kemudian dikelola di RBU (Recycling Business Unit) sehingga terbentuk ekonomi sirkular.

  GESID sendiri  adalah akronim dari Generasi Sehat Indonesia  juga merupakan program edukasi gizi dan kesehatan serta pembentukan karakter  berpusat pada pemberdayaan remaja sebagai pendidik sebaya (peer to peer education) di sekolah. Program ini diinisasi oleh Danone Indonesia  bekerja sama dengan Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB dan BKKBN, menargetkan remaja usia SMP dan SMA di lebih dari 10 Provinsi lebih dari 20 Kabupaten dan Kota di Indonesia.

 Dalam GESID National Gathering  November lalu Duta GESID telah berkompetisi menyusun media edukasi interaktif dengan semangat menyatakan aksi sambut generasi emas gemilang. Saat ini dalam rangkaian peringatan Hari Gizi Nasional, Duta GESID terpilih bersama guru pendampingnya mempresentasikan karya mereka untuk terus digunakan dalam program, sekaligus menambah wawasan tentang kesehatan dan lingkungan beberapa titik edukasi di Bali.

Selama 2 hari  31 Januari dan 1 Februari 2023 mereka menyinggahi Kintamani, Bongkasa pertiwi hingga Pantai Biaung. Turut terlibat dalam kegiatan ini dari beberapa kelompok penggiat diantaranya AIESEC in Indonesia, LP Ma’arif NU, dan LPTP (Lembaga Pengembangan Teknologi Perdesaan), Direktur Bina Ketahanan Remaja, BKKBN, Dr. Edi Setiawan, S.Si., M.Sc., MSE  juga Direktur Sustainable Development Danone Indonesia, Karyanto Wibowo.

  Saat ini  Indonesia masih menghadapi beragam permasalahan kesehatan yang  berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia di masa depan. Salah satunya ialah stunting, atau kondisi gagal tumbuh pada anak yang disebabkan karena kekurangan gizi kronis. Kondisi ini tercipta karena sebab akibat yang saling berkaitan. Hal ini menjadi tantangan yang dihadapi  lintas generasi, selain edukasi kepada ibu dan anak dalam banyak program selama ini, kelompok usia remaja juga menjadi salah satu kelompok  yang patut mendapat perhatian. Untuk itu Gesid mengambil peran dengan edukasi interaktif di kelompok usia ini.

             Tiga Pilar Danone Impact Journey

Karyanto Wibowo kepada sejumlah media, Kamis ( 1-2- 2024) mengatakan, Danone Indonesia melalui PT. Tirta Investama dan PT Sarihusada Generasi Mahardhika meluncurkan Danone Impact Journey memiliki 3 pilar yaitu, Kesehatan, Lingkungan dan Masyarakat.Ketiganya memiliki keterkaitan sangat erat, ”Kami membawa 10 Duta GESID terpilih bersama pendampingnya untuk menambah pengalaman tentang 3 pilar tersebut di sini. Harapan kami ini bisa memicu semua pihak untuk lebih kreatif memerangi masalah kesehatan mendasar saat ini yaitu anemia, stunting dan kurang minum,” Kata Karyanto.

Sejak 2021 program GESID telah berhasil menguatkan pengetahuan tentang gizi ke 441 SMP dan SMA, menjaring 4.023 duta GESID, 600 volunteer mahasiswa, 60.000 pelajar, serta mampu menjangkau amplifikasi digital dan social media hingga lebih dari 3 juta, ” Hal ini  diraih atas kerja sama dan dukungan dari sekolah, para mitra, pemerintah, serta pemangku kebijakan lainnya. Di Bali kami bergerak melalui kawan-kawan di AQUA Mambal yang selain mendampingi Desa Bongkasa Pertiwi  mendukung Glagalinggah yang kita kunjungi bersama”, tambah Karyanto.

     Direktur Bina Ketahanan Remaja, BKKBN, Dr. Edi Setiawan, S.Si., M.Sc., MSE menapresiasi kepada semua pihak yang terlibat, ”Duta GESID ini adalah muda-mudi aktif yang mengambil peran penting dalam edukasi kesehatan di masa mendatang. Memberikan mereka pengalaman dengan melihat dan terlibat langsung  memperkuat dasar kemampuan sebagai influencer bagi rekan sebayanya. Muatan kreatif  disampaikan dalam bahasa mereka akan lebih mudah diterima”, ujar Edi Setiawan.

 Program GESID tetap mengacu kepada program Bina Ketahanan Remaja (BKR) dari BKKBN  merupakan kegiatan yang dilakukan  keluarga (orang tua) khususnya  meningkatkan bimbingan/pembinaan tumbuh kembang remaja secara baik dan terarah membangun  SDM yang bermutu, tangguh, maju dan mandiri.

  Eka Wirawan Hulu, Duta GESID dari Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS), merasa beruntung mendapatkan kesempatan untuk belajar tentang lingkungan dan kesehatan kegiatan ini. ”Seru sekali karena bisa belajar bareng kawan-kawan dari daerah lain. Apalagi disini juga kuat dengan kearifan lokal”, jelas Eka dengan semangat.

   Eka menyebut,Semua Duta GESID diberikan kesempatan  membuat media edukasi interaktif dari Buku Panduan GESID yang memudahkan audience dalam hal ini usia pelajar dan mahasiswa tentang pentingnya gizi guna menyebarkan informasi kesehatan remaja semenarik mungkin. Media yang mereka buat seperti ular tangga, monopoli, flashcards, dan permainan populer lain yang dimodifikasi.

 Pesan-pesan tentang kesehatan, gizi, anemia, pernikahan usia anak, dan hidrasi kemudian disisipkan dengan bahasa yang kekinian. ”Siapapun yang asyik memainkan modul tersebut secara tidak langsung kita akan terpapar dengan pengetahuan tentang lingkungan dan kesehatan seperti gizi, cara mencegah anemia hingga pengetahuan tentang hidrasi yang baik ”, tambahnya.

 ”Kolaborasi baik dari semua elemen ini yang akan mendukung upaya pemerintah melalui BKKBN guna memperkuat ketahanan remaja. Remaja saat ini adalah calon penggerak bangsa untuk sambut Indonesia Emas. Kita perlu cara-cara inovatif dan populer untuk memudahkan muatan berbasis keilmuan bisa diterima masyarakat luas. Kami harap Danone Indonesia bisa berkolaborasi dengan lebih banyak pihak untuk ini”, tutup Karyanto.  nn

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *