PQN 2023 Sukses di Bali, BI Targetkan 45 Juta Pengguna QRIS dan 1 M Volume Transaksi Nasional

KataBali.com – Denpasar – Pekan QRIS Nasional (PQN) 2023 kembali hadir memeriahkan momen peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di Provinsi Bali. Dengan mengangkat tema “Harmoni Kemerdekaan, Gebyar QRIS Merah Putih”,Bank Indonesia berkolaborasi dengan Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) menyelenggarakan PQN 2023,Mall  Living World Denpasar selama sepekan, 14-20 Agustus 2023.

 Kegiatan PQN 2023, ditutup Wakil Gubernur Bali, Prof. Tjok Oka Sukawati, didampingi  Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Erwin Soeriadimadja (20/08).

Selain itu hadiri pula General Manager Living World Denpasar, Maria Lucia, dan undangan dari pimpinan daerah, pimpinan instansi vertikal, perbankan, PJP nonbank, universitas dan sebagainya.

 Dalam siaran  Pers Bank Indonesia, Selasa, (22/8 ) Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Erwin Soeriadimadja menjelaskan, Penyelenggaraan PQN 2023 mendapat apresiasi luar biasa dari masyarakat Bali. Total pengunjung yang hadir selama sepekan penyelenggaraan PQN 2023 mencapai lebih dari 7.000 pengunjung, 455 orang peserta perlombaan, dan 71 2 peserta Neon Night Run 5K.

PQN 2023 diharapkan,semakin mendorong perluasan QRIS, baik dari Sisi penggunaan, volume, transaksi dan merchant, serta meningkatkan literasi masyarakat terkait perkembangan digitalisasi pembayaran serta optimalisasi penggunaan QRIS. Selain itu, Wakil Gubernur Bali menyampaikan PQN 2023 ini diharapkan mampu memberikan kesadaran masyarakat Bali untuk Go Digital memberikan sumbangsih pada Bali  mempercepat pemulihan ekonomi Bali.

QRIS hadir sebagai kanal pembayaran yang CeMuMuAH (Cepat, Mudah, Murah, Aman, dan Handal) dan telah menjelma sebagai opsi pembayaran digital yang paling diminati. Hal ini terlihat dari jumlah pengguna dan volume transaksi QRIS di Bali terus tumbuh secara akseleratif. Per Juni 2023, total jumlah pengguna QRIS di Bali telah mencapai 815.661, tumbuh 103,4% (yoy). Volume transaksi menggunakan QRIS sejak Januari hingga Juni 2023 telah mencapai 19,4 juta transaksi.

    Untuk memperluas penggunaan QRIS, Bank Indonesia menargetkan 45 juta pengguna baru QRIS dan 1 miliar volume transaksi  nasional tahun 2023. Provinsi Bali mendapat target 362 ribu pengguna baru dan 21 juta volume transaksi, dimana per Juni 2023, telah tercapai sebesar 198 ribu pengguna baru (55% dari target) dan 19,4 juta volume transaksi (89% dari target). Bank Indonesia akan terus menggaungkan semangat perluasan penggunaan QRIS dengan terus bersinergi dan berkolaborasi dengan PJP sebagai upaya mengakselerasi terbentuknya ekosistem digital di Provinsi Bali.

Rangkaian PQN 2023, dari 15 talkshow edukatif seputar perkembangan digitalisasi mengundang pembicara dari Kantor Pusat BI, ASPI, dan lembaga Iainnya. Selain itu, PQN 2023,menyuguhkan showcase produk inovasi digital dari PJP, QRIS street food UMKM, Neon Night Run 5K, FlashMob Generasi Digital, festival budaya, peragaan busana tenun Bali, musik dari guest star Project Pop, dan sejumlah musisi lokal Bali. Berbagai lomba untuk menggali kreativitas generasi muda seperti Lomba Band, Lomba Menggambar & Mewarnai Anak, Lomba Karaoke dan Lomba Fashion Show Merah Putih.

Untuk melestarikan budaya Bali, PQN juga menampilkan Lomba Nyurat QRIS Aksara Bali yang melibatkan pelajar se-Bali dan Lomba Kreasi Mocktail dengan berbahan baku lokal.Momen PQN 2023,bertujuan memperkenalkan inovasi terbaru dari QRIS yakni QRIS TUNTAS (Tarik Tunai, Transfer, dan Setor Tunai),diresmikan bertepatan dengan perayaan kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2023.Rangkaian PQN 2023,dilakukan seremonial Sehat, Inovatif, Aman, Pakai (S.I.A.P) QRIS Living World Denpasar dan Komitmen Bersama 6 (enam) pemuka agama dalam rangka pembentukan ekosistem digital Rumah Ibadah menggunakan pembayaran digital berbasis QRIS.( rls/BI )

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *