Tekan Inflasi, Atasi Kesenjangan Harga Antara Nusa Panida dengan Klungkung Daratan Pemkab Gunakan Anggaran BTT

KataBali.com – Klungkung – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengatakan, pengendalian inflasi saat ini berfokus pada 2 (dua) hal, yaitu ketersediaan pasokan dan disparitas harga.  Keterlibatan Koperasi Unit Desa (KUD) dan BUMDes sudah baik dan perlu terus ditingkatkan perannya dalam pengendalian inflasi di Kabupaten Klungkung,

“ Terkait dengan disparitas harga, Suwirta menyampaikan bahwa Kabupaten Klungkung telah memanfaatkan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) untuk mengatasi kesenjangan harga antara Nusa Penida dengan Klungkung ‘daratan, “ jelas Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, dalam Hihh Level Meeting HLM ) Rabu (1/3) dihadiri Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Sekda Kab. Klungkung, Kepala BPS, OPD terkait bertema “Sinergi Pengendalian Inflasi Daerah menjaga Ketersediaan Pangan dan Disparitas Harga menjelang Hari Raya Keagamaan” untuk menjaga Inflasi jelang Hari Besar Keagamaan ( HKBN 2023 ).

   Nyoman Suwirta menyebut, Pengendalian inflasi dalam pilar Komunikasi Efektif perlu terus dilakukan, salah satunya melalui edukasi kepada masyarakat agar  memahami pentingnya pengendalian inflasi, “ Sektor lain di luar sektor pariwisata perlu diperkuat, diantaranya sektor pertanian dan peternakan, terutama rumput laut bertujuan  agar sektor tersebut mampu menopang pertumbuhan apabila terjadi gangguan atau shock di perekonomian.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Gusti Agung Diah Utari mengungkapkan, beberapa komoditas di Kab. Klungkung yang mengalami peningkatan harga di Februari 2023, seperti beras, minyak goreng, dan cabai merah besar,“  beberapa faktor  berisiko inflasi ke depan perlu diwaspadai, seperti fenomena El Nino, peningkatan permintaan menjelang HBKN dan periode musim liburan, kenaikan cukai rokok,  berlanjut saat konflik geopolitik yang berdampak pada harga komoditas impor. 

Bank Indonesia, kata  Utari merekomendasikan agar Pemkab Klungkung, memperkuat upaya pengendalian inflasi,seperti peningkatan volume operasi pasar khususnya peningkatan kerja sama dengan Bulog untuk penyaluran beras SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) dan minyak goreng, pemanfaatan subsidi transportasi.

“ Selain itu, sangat penting  pemanfaatan lahan tidur untuk menanam produk pangan, pemasangan LED running text dan sejenisnya di pasar untuk memberikan info harga wajar kepada masyarakat serta mendorong percepatan pembentukan perumda Pangan yang dapat menjadi off taker, dan  Pemberdayaan koperasi dan BUMDES juga bisa ditingkatkan  membantu pengendalian harga, ‘ tandas Diah Utari.. 

Kepala BPS Kab. Klungkung, Ni Putu Minarni S, menjelaskan,Kabupaten Klungkung menggunakan Indeks Harga Konsumen (IHK) Kab. Buleleng.Jelang Hari Raya Idul Fitri dan Hari Nyepi, ada  komoditas  perlu diwaspadai, seperti daging ayam ras, telur ayam ras, cabai merah, dan cabai rawit., “ Dari pantauan BPS  Indeks Perkembangan Harga (IPH) Kab. Klungkung Minggu ke-4 Februari 2023, terdapat komoditas yang mengalami peningkatan harga yaitu beras, cabai merah, dan minyak goreng, sebut  Putu Minarni. nn  

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *