Pemkab Klungkung Berinisiatif Lakukan Percepatan Pengendalian Rabies dengan Vaksinasi Anjing Secara Maksimal

KataBali.com – Denpasar – Dalam mendukung upaya percepatan pengendalian penyakit rabies di Bali, pemerintah Kab Klungkung berinisiatif mengambil langkah strategis bersama pimpinan OPD terkait melaksanakan rapat kordinasi lintas sektor serta melibatkan berbagai pihak terkait. Rapat dipimpin langsung oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, membahas berbagai masalah dan tantangan dalam upaya pengendalian rabies.

Acara diawali dengan sambutan dari Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI dan dilanjutkan dengan paparan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali dan Kab. Klungkung.

Ketua IAKMI Bali, Ni Made Dian Kurniasari, yang hadir pada kesempatan itu sangat mengapresiasi langkah cepat dari Pemkab Klungkung dan komitmennya terhadap masalah rabies dengan langkah-langkah konkrit yang telah dirumuskan. Disisi lain Australia Indonesia Health Security Partnership (AIHSP) juga sangat berharap pemerintah bisa mendorong peran serta masyarakat melalui pemerintah desa, adat dan rumah tangga dalam hal pengendalian rabies.

Pemerintah Kab Klungkung menyatakan akan melakukan berbagai langkah salah satunya percepatan upaya vaksinasi pada hewan penular rabies khususnya anjing dengan capaian yang maksimal dgn estimasi 21.000 ekor anjing akan ditarget dapat tervaksin segera.

Selain itu upaya edukasi di masyarakat harus digalakkan serta perlunya dukungan kebijakan yg efektif baik di tingkat kab sampai di tingkat desa. hj

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *