Hadiri Baksos IDAI, Bupati Sanjaya Ajak Semua Pihak Serius Turunkan Kasus Stunting di Tabanan

KataBali.com – Tabanan – Komitmen Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, dalam memberikan serta mewujudkan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas kepada anak-anak dan juga percepatan penurunan stunting menjadi perhatian yang serius. Bersama seluruh jajaran dan pihak terkait, melalui berbagai program dan inovasi yang dilakukan untuk mewujudkan generasi handal dan berkualitas.

Seperti halnya kali ini, Sabtu, (25/2) pagi, Bupati Sanjaya didampingi Ny. Rai Wahyuni Sanjaya selaku Ketua TP PKK Tabanan, Sekda, Asisten II dan Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan menghadiri sekaligus mengapresiasi penyuluhan kepada Kader Posyandu dan Anak – Anak SD serta Pemeriksaan Kesehatan kepada Balita oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Cabang Bali yang bertempat di Balai Desa Biaung, Penebel,Tabanan.

Menurut Sanjaya, untuk mewujudkan generasi yang handal dan berkualitas, maka seluruh pihak yang terlibat di lapisan terbawah harus mendapatkan pelatihan yang memadai. “Ini sangat luar biasa. Saya selaku Bupati Tabanan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap kegiatan yang dilakukan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia di Biaung. Sekali lagi tepuk tangan, luar biasa,” ucap Sanjaya.

Sanjaya juga berharap hal ini tidak berhenti di Biaung saja tetapi dapat berlanjut di semua desa yang ada di Tabanan dan berharap semua desa, khususnya kader Posyandu bisa terbuka dengan pemahaman baru demi pelayanan yang lebih baik. “Saya yakin apa yang dilakukan IDAI ini pasti memiliki tujuan yang sangat mulia untuk membantu masyarakat, baik dari sisi literasi, pemahaman, ataupun pencegahan dan semua hal. Kita di Pemerintah Kabupaten Tabanan sangat mendukung,” tegas Sanjaya.

Apalagi sesuai yang dikatakan oleh Ketua IDAI Cabang Bali I Gusti Ngurah Sanjaya, bahwa salah satu tujuan dalam bakti sosial ini adalah untuk membantu masyarakat, untuk lebih memberikan pemahaman kepada kader posyandu agar mampu mengurangi angka kematian ibu hamil, mewujudkan anak yang cerdas dan menurunkan stunting yang sangat sejalan dengan visi misi Pemkab Tabanan.

Ngurah Sanjaya menambahkan, walaupun di Kabupaten Tabanan, angka stuntingnya sudah cukup baik, namun tetap harus dilakukan pencegahan sedini mungkin. “Mudah mudahan melalui kegiatan ini dengan kolaborasi kita dari Bupati dari Ibu Bupati dan semua jajaran yang berkaitan dengan penurunan angka stunting dan resiko stunting ini dapat mencapai target,” harapnya.

Senada dengan Ketua IDAI, Bupati Sanjaya juga menegaskan bahwa pihaknya sangat komit dalam membentuk generasi muda yang handal dan berkualitas serta sangat konsen dalam percepatan penurunan stunting. Dimana Tabanan mempunyai banyak program di bidang pendidikan dan kesehatan sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani.

Salah satunya sesuai himbauan Presiden yaitu menyangkut stunting yang ada di Indonesia, Bali maupun Tabanan patut menjadi atensi bagi semua pihak. “Karena anak anak ini yang akan menjadi generasi penerus di Kabupaten Tabanan, anak-anak ini yang akan tumbuh di Bali, di Indonesia yang akan menjadi generasi penerus bangsa, menjadi generasi yang akan melanjutkan perjuangan kita. Bayangkan kalau kita tidak peduli dengan kesehatan anak-anak kita. Ini yang akan menjadi sebuah persoalan,” imbuh Sanjaya.

Untuk itu, Politisi asal Dauh Pala Tabanan itu menegaskan bahwa hal ini harus menjadi atensi bersama, kolaborasi dari semua pihak terkait. Dimana jajaran Pemkab Tabanan selama ini terus bergerak melalui dinas-dinas terkait, tidak hanya menjadi pokus salah satu instansi saja namun melalui kolaborasi. Untuk itu, Bupati Sanjaya sangat mendukung bhakti sosial yang dilaksanakan oleh IDAI dan berharap dapat dilaksanakan di semua Desa yang ada di Tabanan. hmt

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *