Pelopor Portal Berita di Indonesia, Republika Bertransformasi Penuh ke dalam Format Digital

KataBali.com – Jakarta – Seiring perkembangan zaman, penyampaian berita dan informasi melalui surat kabar di Indonesia terus bertransisi di setiap periode. Hingga saat ini, tidak hanya surat kabar konvensional saja yang beredar dan menjadi acuan bagi masyarakat Indonesia, namun surat kabar dalam format digital juga hadir sebagai sarana untuk menjawab tantangan di era modern untuk dapat mengakses informasi terbaru dengan lebih ringkas.    

Perkembangan ini juga didukung dengan pertumbuhan pengguna internet di Indonesia dengan lebih dari 77 persen penduduk Indonesia sudah aktif menggunakan internet. Menurut data terbaru yang dirilis oleh APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), pada tahun 2022 pengguna internet di Indonesia sudah mencapai sekitar 210 juta pengguna.

Melihat perkembangan tersebut, Republika  salah satu anak perusahaan mahakaX (IDX: ABBA) beradaptasi untuk terus tumbuh menuju era digitalisasi secara penuh. Harian Republika yang pertama kali didirikan pada tahun 1992 terus berkomitmen untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Menyongsong tahun yang baru, per tanggal 1 Januari 2023, Republika bertransformasi penuh menjadi media massa dengan format digital  untuk terus memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan informasi terkini yang semakin dinamis serta memanfaatkan teknologi untuk dapat menyampaikan berita-berita terkini secara cepat dan ringkas.

Transformasi ini bukanlah hal yang baru bagi Republika, karena Republika adalah salah satu surat kabar pertama yang mempelopori penggunaan teknologi dan internet sebagai portal berita pada tahun 1995. Republika akan terus berkomitmen untuk menyajikan berita serta informasi terkini yang berkualitas melalui seluruh kanal digital, di antara lain adalah republika.co.id, retizen.id, republika.id, dan seluruh akun-akun media sosial resmi Republika untuk menyajikan informasi multiplatform yang mencakup kekuatan teks, grafis, audio, visual.

Farash Farich, Chief Executive Officer mahakaX mengatakan dalam siaran persnya,menyebutkan,Seluruh ekosistem serta unit bisnis yang menjadi bagian dari mahakaX selalu mengedepankan teknologi dalam setiap program yang dijalankan, salah satunya adalah Republika.

“ Sebagai media massa yang turut memperkenalkan sistem portal berita internet pertama di Indonesia, beradaptasi dengan perkembangan teknologi tentu membuat perusahaan tetap relevan serta menjawab kebutuhan yang semakin progresif seiring berkembangnya zaman, termasuk kebutuhan dalam penyajian berita dan informasi. Republika akan bertransformasi menjadi media massa yang hadir penuh dalam format digital mulai bulan Januari 2023,” terang Farash Farich

Dengan bertransformasi penuh ke dalam format digital, diharapkan Republika dapat semakin memperluas jangkauan audiens dari berbagai kalangan dengan menghadirkan berita dan ragam informasi yang berkualitas. Penyajian konten Republika akan semakin variatif serta sangat mudah untuk diakses melalui berbagai kanal digital serta seluruh media sosial milik Republika. nn  

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *