Manggala PAKIS Provinsi Bali Buka Pelatihan Tata Busana Adat Payas Utama dan Payas Madya di Kabupaten Klungkung

KataBali.com – Klungkung – Bendesa Madya MDA Kabupaten Klungkung, Dewa Made Tirta menyambut kehadiran Manggala Paiketan Krama Istri (PAKIS) TIA Kusuma Wardani dan rombongan serangkaian pelaksanaan pelatihan tata busana adat yang diikuti puluhan pemilik salon dan perias pengantin dari empat (4) kecamatan yang ada di Kabupaten Klungkung.

Pelatihan tata busana adat ini dilaksanakan secara berkelanjutan dari satu Kabupaten ke Kabupaten lainnya dengan harapan tumbuhnya sinergitas antara Paiketan Krama Istri (PAKIS) Provinsi Bali dengan PAKIS di masing-masing Kabupaten dalam mensosialisasikan tugas-tugas pokok untuk menjaga budaya dan adat Bali untuk tetap lestari dan tidak tergeser oleh perkembangan jaman.

“Penggunaan payas utama dan payas madya dalam kehidupan adat di Bali yang saat ini semakin rancu harus diperhatikan dan dikembalikan penggunaannya kepada pakem yang memang sudah ada. Sesuai sekta dan aliran di Bali, penggunaan pakaian dan payasan sudah diatur penggunaannya sesuai dengan tingkatan upacara dan jenis yadnya yang diselenggarakan,” tegas Manggala PAKIS Provinsi Bali TIA Kusuma Wardani saat pembukaan pelatihan tata busana adat payas utama dan payas madya, di Kantor MDA Kabupaten Klungkung, Anggara Paing, Wuku Pujut, (5/7).

Penggunaan payas utama dan payas madya harus terus disosialisasikan agar pergeseran penggunaan pakaian payas utama dan payas madya tidak menghilangkan nilai – nilai kesakralan yang memang sudah melekat sejak dahulu. “Penggunaan payas utama dan payas madya sudah diterapkan sejak jaman kerajaan dulu. Untuk payas utama, selain digunakan hanya oleh para raja yang ada, juga disesuaikan dengan tingkatan upacaranya. Berbeda dengan saat ini, yang dengan mudah kita menemukan payas utama, semisal bisa kita jumpai saat penyambutan tamu kenegaraan atau sejumlah acara yang bersifat seremonial. Jika dibiarkan maka secara perlahan penggunaan payas utama dan payas madya busana adat Bali akan semakin tergeser,” ungkap Manggala PAKIS TIA Kusuma Wardani.

Perlu adanya perhatian tentang pelestarian penggunaan busana adat payas utama dan payas madya ini agar tidak menghancurkan budaya itu sendiri, selain itu sasaran utama yang disosialisasikan adalah mereka pemilik salon dan para perias pengantin. Dengan begitu peran serta seluruh komponen sangat diperlukan agar semuanya sadar akan fungsi strata busana adat Bali payas utama dan payas madya yang disesuaikan dengan tingkatan upacara yadnya nya.

Bendesa Madya MDA Kabupaten Klungkung, Dewa Made Tirta mengatakan lembaga adat di Majelis Desa Adat (MDA) sudah berupaya melestarikan budaya dan adat di Bali. Selain Banten, pelestarian penggunaan pakaian adat termasuk penggunaan payas utama dan payas madya agar tetap kuat menjadi pakem busana yang dapat dipertahankan dan menjadi kekayaan adat Bali.

Pembedaan penggunaan pusung tagel, pusung kupu-kupu dan pusung gonjer adalah salah satu sosialisasi yang diberikan dalam pelatihan tata busana adat payas utama dan payas madya ini, karena pentingnya pemahaman terhadap tata-titi dalam berperilaku juga harus menjaga ciri khas dan budaya masyarakat Bali yang ketimuran dengan etika dan sopan santunnya.

Sosialisasi dilakukan secara bergiliran dari satu Kabupaten ke Kabupaten lainnya, agar masing-masing Kabupaten yang memiliki ciri khas payas utama dan payas madya dapat mempertahankan pakem yang sudah dimiliki sejak dulu. Selain itu, dengan keberadaan PAKIS juga diharapkan mampu menjaga solidaritas persaudaraan warga yang ada di seluruh Bali. “Perbedaan itu adalah warna-warni yang memunculkan keindahan layaknya pelangi. Dengan perbedaan itulah kita menjadi unik dan berbagai karakter dapat kita temui, namun jangan sampai sebuah perbedaan menjadi penyebab hancurnya persaudaraan dan wilayah kita,” imbuh Bendesa Madya Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Klungkung.

Setelah membuka pelaksanaan pelatihan tata busana adat payas utama dan payas madya, Manggala PAKIS Provinsi Bali TIA Kusuma Wardani melanjutkan program Tresna lan Punia di Wantilan Bale Subak Lepang Desa Adat Lepang, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung berupa bantuan beras masing-masing 20 kg, minyak goreng, telur dan susu yang diserahkan kepada 100 warga yang membutuhkan yakni mereka yang tergolong lanjut usia, ibu hamil, disabilitas, pecalang, yowana dan balita. hb

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *