Kembangkan Kapasitas Digital UMKM Denpasar, JNE Hadirkan Goll..Abrorasi Bisnis Online 2022

KataBali.com – Denpasar – Sebanyak 30 juta UMKM di Indonesia ditargetkan  mampu digitalisasi pada tahun 2024. Target ini bukan angka yang kecil, sehingga mendorong para pemangku kepentingan  melahirkan inovasi yang mampu mendukung aktivitas UMKM di seluruh Indonesia. Termasuk perusahaan jasa pengiriman dan logistik yaitu JNE.

  Hal ini terungkap,dalam  webinar JNE Ngajak Online, Goll..Aborasi Bisnis Online Rabu ( 20/) di Denpasar.Webinar dihadiri lebih  150 UMKM setempat,  mengupas berbagai wawasan menarik seputar membangun bisnis di era digital.

Ni Nyoman Alit Septiniwati selaku Branch Manager JNE Denpasar, akrab disapa Alit membuka gelaran ini “Kita ingin JNE tidak hanya membantu UMKM pada kebutuhan distribusi, namun juga untuk go online sehingga produk yang dihasilkan UMKM Bali bisa berkembang dan terus maju.”, sambut Alit, disambuit positif kedua narasumber yang hadir dari pegiat UMKM, yaitu Bagus Galih Hastosa selaku Creative Director Manikan dan Vonzealous selaku Creative Director Voondurend Love Company.

Meski sempat terdampak pandemi, kedua UMKM yang bergerak di bidang fesyen ini membuktikan bahwa media sosial berhasil memainkan peranan esensial agar tetap survive di era post-recovery.

Merintis Voondurend Love Company sejak 2008, Vonzealous mengatakana,  pandemi menjadi titik balik bagi bisnisnya untuk aktif di kanal digital, “ 67 persen penjualan kami dari online, di awal pandemi  sangat liar karena seluruh sektor bisnis  memasuki era digital dan IoT (Internet of Things). Dengan aktif berbisnis online, pendapatan kami di tahun 2021 meningkat hingga 55 persen”, buka Vonzealous.

Ia menekankan pentingnya memahami sudut pandang konsumen  mengembangkan produk, “Kami rutin melakukan penilaian terhadap produk kita dari kacamata konsumen menggunakan formulir online, hal ini penting untuk terus meningkatkan kualitas yang menjadi core value bisnis kami”, ujarnya.

Hal ini sejalan dengan Bagus Galih Hastosa selaku Creative Director Manikan yang hingga saat ini aktif memproduksi konten di media sosial, “Melalui media sosial, kita ingin bicara mengenai kreativitas, bagaimana konsumen menyukai produk sesuai  tren fesyen saat ini. Untuk itu, kita selalu membuat konten  mengenalkan batik atau cara penggunaan kain”, ujar Bagus.

Untuk memenangkan ketatnya persaingan UMKM di era ini, kedua narasumber ini  sepakat bahwa diferensiasi produk penting untuk digalakkan, “ “Dari segi desain dan style, produk kami berbeda dengan produk kompetitor. Selain itu produk kami khas akan core value seperti cinta, seni, kehormatan, dan kualitas. Ini yang selalu kami pegang”, ujar Vonzealous.

 Alit sebagai Branch Manager JNE Denpasar menjelaskan JNE sebagai perusahaan logistik dan jasa pengiriman terus berupaya  mendukung aktivitas UMKM di Denpasar melalui berbagai layanan. Seperti adanya gratis ongkos kirim, pelatihan  rutin digelar  JNE seperti Ngajak Online, hingga potongan harga ongkos kirim di saat-saat tertentu.

Selain itu, JNE juga mengadakan layanan pergudangan atau e-fulfillment bagi konsumen yang membutuhkan ruang menyimpan produk hingga sampai di tangan pelanggan. Hal ini menjadi dukungan nyata JNE untuk mendorong produktivitas UMKM setempat.

Sebagai informasi, Denpasar merupakan kota ke-29 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2021 telah dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia.

Setelah Kota Denpasar, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Purwakarta pada 21 Juli 2022.   nn

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *