Buka Lomba Mancing, Bupati Tabanan Gelorakan Semangat Gotong Royong Pemeliharaan Infrastruktur di Masyarakat

KataBali.com – Tabanan – Semangat gotong royong menjadi modal utama suksesnya pembangunan dalam masyarakat. Bukan hanya membangun, semangat ini juga harus tetap dipertahankan dalam pemeliharaan hasil pembangunan, seperti pembangunan infrastruktur. Hal ini disampaikan Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya., S.E.,M.M saat membuka lomba mancing yang diselenggarakan oleh STT Candra Methu Banjar Dinas Payuk Bangkah dan dilanjutkan menutup lomba mancing ST Widya Dharma di Banjar Dinas Bongan Selemadeg Timur.  Minggu (3/7).

Mendapat sambutan yang antusias oleh seluruh peserta lomba serta masyarakat setempat, kehadiran Bupati Sanjaya pada kegiatan yang digelar di Banjar Dinas Payuk Bangkah, Desa Sembung Gede, Kecamatan Kerambitan dan juga di Saluran irigasi Subak Aseman VI, Banjar Dinas Bongan Desa Tegal Mengkeb Kecamatan Selemadeg Timur ini didampingi oleh Ketua Komisi IV DPR RI, Sekda Tabanan, Anggota DPRD Kabupaten Tabanan, Kepala Dinas Perikanan, Camat, Perbekel, Bendesa Adat setempat serta OPD terkait.

Bertujuan untuk penggalian dana, kegiatan lomba mancing ini menjadi ajang yang sangat diminati oleh masyarakat Tabanan khususnya warga Desa Sembung Gede dan Desa Tegal Mengkeb. Terbukti dari semaraknya partisipan dan bahkan yang sekedar hadir untuk meramaikan pelaksanaan lomba. Nantinya, biaya yang terkumpul dari kegiatan lomba ini, akan digunakan untuk membiayai karya Ngenteg Linggih dan Uleman Banjar Dinas Payuk Bangkah dan di Tegal Mengkeb akan dimanfaatkan untuk menyambut Hari Ulang Tahun ST Widya Dharma.

Tak hanya menuai apresiasi, namun penghargaan juga diberikan oleh Bupati Sanjaya, atas kekompakan masyarakat dalam mengadakan lomba yang sangat diminati untuk tujuan yang baik ini. terlebih, setelah hampir 2,5 tahun dilanda pandemi Covid-19, di mana keterbatasan berkumpul dan berinteraksi masih sangat ketat dipantau. Pihaknyapun berharap, semakin banyak bermunculan kegiatan positif di waktu transisi pandemi menuju endemi ini. 

“Saya sampaikan kepada pemancing mania di manapun, astungkara selama ini dalam rangka menjalankan program pemerintahan, dalam mewujudkan Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana, Menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani, prioritas pertama yang saya kerjakan sangat mendukung dalam membangun infrastruktur” Sanjaya menyampaikan dalam sambutannya. Infrakstruktur prioritas yang dimaksud ialah pembangunan jalan – jalan di Tabanan yang telah 90% terealisasi dengan baik.

Di kesempatan tersebut, pihaknya juga menghimbau dan terus mengkampanyekan kepada masyarakat setempat, pentingnya menjaga fasilitas yang telah disediakan pemerintah khususnya pemeliharaan jalan. “Dengan membuat perdes atau perarem dan meningkatkan lagi budaya gotong-royong tedun, minimal untuk memperbaiki saluran irigasi dan got, jangan sampai menggenangi aspal, dan jangan sampai juga, habis lomba mancing ini sampah plastik dibuang berserakan apalagi sampai ke saluran subak” tegasnya.

Tujuannya berada di tengah-tengah masyarakat di minggu pagi itu, tak hanya untuk mendukung dan membuka lomba mancing, namun juga sekaligus dimanfaatkan untuk memberi edukasi kepada masyarakat.

“Lomba ini kita jadikan ajang untuk berdharma dan kesempatan untuk berkumpul juga berinteraksi antar banjar. Saya juga tak hentinya menghimbau untuk tetap jaga lingkungan dengan baik, sesuai dengan peraturan Gubernur tentang sampah berbasis sumber dan penimbunan sampah plastik, wajib hukumnya kabupaten Tabanan melaksanakan” tegasnya. 

Desa Sembung Gede membanderol tiket dengan harga per orang sebesar Rp. 50.000, dan pagi itu sudah terjual lebih dari 700 tiket. I Wayan Subawa selaku Kelian Dinas Desa Sembung Gede mengaku sangat bersemangat dalam menyemarakkan kegiatan ini. Apalagi mendapat kesempatan untuk dikunjungi langsung oleh Bupati Tabanan.

“Saya sangat berterima kasih atas semua dukungannya, acara ini juga sebagai bentuk penggalian dana untuk melangsungkan upacara-upacara yang akan diselenggarakan di banjar ini” Ungkapnya. Di kesempatan itu, Bupati Sanjaya membuka acara dengan pelepasan bibit ikan lele di irigasi Subak Cangguh dilanjutkan dengan kunjungannya ke Subak Tegal Mengkeb khusus untuk menutup acara lomba. hmt

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *