IKK di Bali Pada Mei 131,2 Lebih Tinggi dari Nasional Sebesar 127,1

KataBali.com – Denpasar – Survei Konsumen Bank Indonesia  Mei 2022 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi di Provinsi Bali semakin kuat. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Provinsi Bali tercatat optimis sebesar 131,2, lebih tinggi dari 126,9 pada April 2022. Optimisme tersebut lebih tinggi dengan kondisi nasional mencatatkan IKK Nasional sebesar 127,1.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho menjelaskan, kondisi ekonomi Bali saat ini semakin baik seiring  meningkatnya konsumsi masyarakat pada Mei 2022, karena didorong liburan panjang Hari Raya Idul Fitri yang menstimulasi sektor pariwisata Bali, dan didukung dengan pelonggaran kebijakan mobilitas masyarakat seiring semakin terkendalinya penyebaran COVID-19.

Optimisme  ini, kata Trisno,adanya perbaikan ekonomi Bali ke depan didorong meningkatnya kunjungan wisatawan seiring kebijakan pelonggaran persyaratan perjalanan dan penambahan rute penerbangan, “ Meningkatnya keyakinan konsumen Bali pada Mei 2022 didorong oleh membaiknya persepsi ekonomi saat ini yang tercermin dari Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) Provinsi Bali pada Mei 2022 sebesar 113,5, meningkat dibandingkan 112,3 , bulan sebelumnya, ‘ terang Trisno Nugroho..

Peningkatan  didorong persepsi masyarakat membaiknya kondisi penghasilan saat ini dan ketersediaan lapangan kerja. Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan, tercermin pada Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) di Provinsi Bali tetap terjaga pada level optimis dengan indeks sebesar 148,8, membaik dibandingkan pada April 2022 sebesar 141,5. Peningkatan ekspektasi konsumen  disebabkan semakin membaiknya penghasilan, ketersediaan lapangan kerja dan kegiatan usaha enam bulan yang akan datang. nn

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *