Perkuat Tingkat Literasi Masyarakat, OJK Ngiring ke Banjar di Kota Denpasar

KataBali.com – Denpasar – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara terus gencar meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat terutama mewaspadai tawaran investasi dan pinjaman online ilegal. Melanjutkan program OJK Ngiring ke Banjar, dalam periode 1 (satu) minggu, OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara  2 (dua) kali melakukan kegiatan, yaitu OJK Ngiring ke Banjar Sanur Kauh bersama Universitas Ngurah Rai pada tanggal 22 April 2022 dan OJK Ngiring ke Banjar Kertha Bhuwana pada tanggal 23 April 2022.

Kegiatan ini  ketiga  dan keempat dilaksanakan OJK Ngiring ke Banjar,sebelumnya sukses dilakukan di Desa Adat Tuban Griya Kabupaten Badung dan Desa Adat Pergung Kabupaten Jembrana, bertujuan masyarakat yang financial well literate.

OJK Ngiring ke Banjar Sanur Kauh,  edukasi bekerjasama dengan Universitas Ngurah Rai dan BPD Bali.Dihadiri Anggota DPR Komisi XI I Gusti Agung Rai Wirajaya, S.E., M.M., Kepala OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara Giri Tribroto, Wakil Rektor I Universitas Ngurah Rai Dr. Ade Maharini Adiandari, S.Sos.,MM.,CFP, Direktur Kredit PT BPD Bali I Made Lestara Widiatmika  dan Kepala Desa Sanur Kauh I Made Ada, S.Sos.

Kepala Desa Sanur Kauh I Made Ada, S.Sos. mengatakan, peningkatan kesadaran masyarakat terhadap bahaya investasi ilegal, diupayakan dengan kegiatan edukasi keuangan.Ia  berharap  program ini tidak ada masyarakatnya yang dirugikan akibat investasi bodong dan pinjaman online ilegal.

Kepala Desa Sanur Kauh, Kepala OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara Giri Tribroto mengingatkan,agar masyarakat di Desa Sanur Kauh  memperhatikan prinsip 2L yaitu Legal dan Logis dalam menyikapi penawaran investasi.

 Anggota DPR Komisi XI I Gusti Agung Rai Wirajaya, S.E., M.M, minta masyarakat agar tidak mudah mengikuti penawaran investasi dari orang lain. Banyak penawaran investasi bodong dengan modus mengajak orang berpengaruh di lingkungan tertentu untuk mempengaruhi orang lain agar ikut bergabung.Selain itu penawaran investasi bodong juga menggunakan endorsement dilakukan oleh afiliator ataupun influencer melalui platform media sosial untuk menarik perhatian masyarakat.

I Dewa Gede Dodi Baskara, SE., MM , Wakil Kepala Cabang Bisnis Renon menjelaskan tentang Program KUR Mesari. Bagi masyarakat Bali yang ingin mengajukan KUR di BPD Bali, kini dapat mengajukan dari mana saja melalui website kurbali.com.

Sedangkan di Banjar Kertha Bhuwana yang disasar OJK Ngiring ke Banjar,” Permintaan sosialisasi edukasi keuangan dilatarbelakangi karena terdapat masyarakat yang terjerat oleh investasi bodong dan pinjaman online illegal, “ terang Klien Adat Banjar Kertha Bhuwana.  

 Adat Banjar Kertha Bhuwana merupakan banjar yang jaraknya berdekatan dengan Kantor Otoritas Jasa Keuangan Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara sehingga menjadi perhatian utama agar masyarakat sekitar Kantor OJK tidak terjebak dalam investasi bodong dan tidak mengetahui cara mengakses OJK untuk menyampaikan pengaduan ataupun informasi.

Edukasi keuangan Deputi Direktur Manajemen Strategis, EPK, dan Kemitraan Pemda, I Nyoman Hermanto Darmawan,  pemateri Kepala Bagian dan Kepala Subbagian EPK, I Gusti Bagus Adi Wijaya, memberikan penjelasan mengenai penitngnya investasi sekaligus cermat  memilih instrumen investasi dan  cara mendapatkan pendanaan melalui website pengajuan KUR secara online di kurbali.com.

Diraharapkan gencarnya program OJK Ngiring ke Banjar, tingkat literasi dan inklusi keuangan di Bali lebih tinggi pada Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) akan dilaksanakan tahun mampu menekan potensi kerugian akibat tawaran investasi illegal.OJK Ngiring ke Banjar dan edukasi keuangan lainnya terus dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan penggunaan masyarakat terhadap produk dan/atau layanan jasa keuangan menuju masyarakat yang financial well literate. nn

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *