Tergantung Relaksasi Peraturan, Pemerintah dan Pelaku Pariwisata Optimis 2022 Pemulihan Industri Pariwisata Pasca Pandemi

caption: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno dalam Webinar Indonesia’s Hotel & Tourism Outlook 2022

KataBali.com – Jakarta – Kunjungan wisatawan antar negara diprediksi mengalami pertumbuhan sebanyak 30-78% secara global pada tahun 2022 dibanding tahun 2021 (sumber: UNWTO). Walaupun demikian, angka ini masih dibawah 50% dari kinerja sektor pariwisata di masa sebelum pandemi. Pemulihan pariwisata pun bergantung pada kebijakan setiap negara dalam hal relaksasi aturan yang terkait dengan perjalanan. Indonesia sendiri mematok kunjungan wisman sebanyak 1,8 – 3,6 juta orang di tahun 2022 dan akan lebih fokus pada wisatawan domestik.

Hal itu terungkap dalam  Webinar Indonesia’s Hotel & Tourism Outlook 2022  diselenggarakan  Archipelago bersama PHRI  baru baru ini,  di Jakarta  Perhimpunan Dalam kegiatan ini hadir berbagai narasumber dari pemerintahan, asosiasi industri, pemain pariwisata, dan akademisi, menghadirkan Menteri. Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Republik Indonesia. Sandiaga Salahuddin Uno, Hariyadi Sukamdani, Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia ( PHRI ),John M Flood, CEO dan Presiden Archipelago International danSapta Nirwandar, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2011 – 2014.

 Sandiaga mengatakan, saat Indonesia dan dunia mulai bangkit dari pandemi Covid 19, sektor pariwisata dan perhotelan memposisikan dirinya agar dapat tumbuh di tahun 2022 dan seterusnya. Sektor hotel dan restoran sangat penting dalam menghidupkan kembali sektor pariwisata dan pemerintah menghimbau semua pihak untuk dapat bekerja sama.

   Pemerintah, kata Sandiaga Uno, telah melakukan langkah agar bisa  membuka kembali industri pariwisata untuk wisatawan internasional secara hati-hati dan dan bijaksana. “Kami optimis bahwa tahun 2022 ini merupakan tahun kebangkitan pariwisata, karenanya ia mengharapkan dukungan semua stakeholder agar pariwisata, sebagai salah satu kontributor PDB (Produk Domestik Bruto) Indonesia, dapat kembali menunjukkan kinerja positifnya,”  kata Sandiaga.

Hariyadi Sukamdani, menyoroti pentingnya peran pemerintah dan perbankan  mendukung pemulihan pariwisata seperti menunda kenaikan suku bunga agar pelaku pariwisata dapat bertahan hingga kondisi pariwisata mencapai titik pra-pandemi. “Banyak hotel dan restoran terpaksa ditutup dan hampir 2 juta pekerja di sektor ini kehilangan pekerjaan. Adanya kebijakan pemerintah melonggarkan pembatasan kegiatan dan adanya pertumbuhan pariwisata domestik, tingkat occupancy sudah  mulai membaik.Pengusaha perlu mengadopsi teknologi dan standar kebersihan yang baik. Industri membutuhkan pendekatan holistik untuk menghidupkan kembali serta menumbuhkan hotel dan restoran,”  tegas  Hariyadi.

John M Flood, CEO dan Presiden Archipelago International, mengatakan,Industri perhotelan saat ini sedang mengalami banyak perubahan, namun kami sangat optimis akan pemulihan dengan kondisi saat ini yang berangsur membaik. Archipelago mengutamakan layanan yang aman dan nyaman dengan menyediakan teknologi dan touchless dengan Google Nest, penggunaan mobile app, menu digital dan QR code, ruang serbaguna yang fleksibel, tingkat kebersihan yang lebih baik, sustainability, dan fasilitas kesehatan di dalam kamar.

  “ Kami sangat senang dan siap menyambut tamu kembali ke hotel kami, terutama ketika kondisi pariwisata telah membaik,” kata John M Flood,yang mewakili pelaku pariwisata daerah. Perubahan permainan dan tren yang terkait dengan industri perhotelan juga disorot dalam presentasinya, “Archipelago telah melihat tingkat okupansi rebound pada pertengahan 2021 dan optimis tahun 2022 ini. bisa menjadi tahun bumper untuk sektor pariwisata dan perhotelan,” tambahnya.

Denon Prawiraatmadja,Ketua Umum Indonesia National Air Carrier Association (INACA) dalam presentasinya menyebutkan, Maskapai internasional dan domestik mulai membuka kembali penerbangan ke Indonesia, yang merupakan salah satu pasar udara terbesar di dunia dengan lebih dari 300 bandara dan 30 bandara internasional. .

“ Banyak operator hotel membutuhkan pembiayaan untuk meningkatkan fasilitas mereka dan mengadopsi teknologi baru seperti sistem tanpa sentuhan. Sektor pariwisata merupakan kontributor penting bagi PDB nasional dan pemerintah dapat bekerja lebih erat dengan sektor swasta untuk membantu operator hotel yang kesulitan.” ujar Sapta Nirwandar,

Webinar yang terbagi menjadi 2 sesi ini juga mengangkat isu mengenai bleisure (business-leisure) sebagai salah satu faktor pemulihan pariwisata. Sinergi antara sektor MICE dengan leisure melalui penyelenggaraan beragam event berskala Internasional diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk pemulihan pariwisata secara signifikan.

 Pembicara dan moderator  saat

Webinar Indonesia’s Hotel & Tourism Outlook 2022

Webinar ini juga menghadirkan narasumber antara lain Iqbal Alan Abdullah,. Ketua Umum INCCA (Indonesia Congress and Convention Association), Ricky Setiawanto Sekretaris Jenderal IINTOA ​​(Indonesia Inbound Tour Operators Association), Hendra Noor Saleh – Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Prof. Diena Mutiara Lemy, A.PAR., M.M., CHE – Dekan School of Hospitality and Tourism Universitas Pelita Harapan, Ibu Ema Widiastuti – Director of Business Development, ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation). nn

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *