Sandiaga Uno Apresiasi, Langkah BI Bali Melatih Onboarding UMKM se Bali Untuk Go Digital

KataBali.com – Denpasar – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno  mengapresiasi langkah Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali dalam mendukung penuh upaya pemberdayaan sektor riil terutama usaha mikro kecil dan menengah, serta bersinergi dengan pemerintah dalam menyukseskan GBBI melalui pelaksanaan kegiatan pelatihan onboarding UMKM se Bali.

  “ Transformasi UMKM melalui adaptasi digitaliasi merupakan salah satu kunci sukses untuk dapat bertahan di era new normal ini. Selain itu, digitalisasi akan membantu usaha UMKM dalam memperluas pasar, baik di dalam negeri maupun di luar negeri sehingga dapat mendorong penjualan  lebih cepat.

Hal itu diungkapkan Sandiaga Uno, Jum,at ( 25/2)  saat pembukaan pelatihan onboarding UMKM se-Bali bertema“Digitalisasi UMKM Mendukung Bali Bangkit”.Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) 24–27 Februari 2022, dipusatkan di Sulawesi Selatan, yang diselenggarakan Bank Indonesia Provinsi Bali.

 Apresiasi juga disampaikan Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kemenko Kemaritiman dan Investasi RI, Odo R. M. Manuhutu. Ia  mengapresiasi upaya Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali mendukung perkembangan dan peningkatan kapasitas UMKM di Bali.

Ia menambahkan GBBI harus disertai dengan gerakan peningkatan kualitas dan daya saing melalui pengembangan ekosistem digital yang mendukung UMKM.Perkembangan digitalisasi sangat pesat terutama di era pandemi ini menjadikan transaksi secara online menjadi cara paling efisien dan efektif  memaksimalkan penjualan.Oleh sebab itu, pelaku UMKM, marketplace, perbankan, pemerintah, dan seluruh masyarakat  terlibat membantu transformasi digital UMKM dengan menciptakan ekosistem digital bagi UMKM.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho mengatakan, pandemi Covid-19 telah mendorong perubahan pola konsumsi masyarakat dari yang semula offline menjadi online. Adanya peluang baru tersebut hanya dapat dinikmati oleh UMKM yang terus memiliki semangat untuk bertransformasi digital dan berinovasi untuk meningkatkan daya saing usaha dan produknya.

“ Oleh karena itu, Bank Indonesia terus mendorong transformasi digital UMKM untuk meningkatkan akses pemasaran secara digital melalui program onboarding UMKM, “ jelas  Trisno Nugroho, Jum,at ( 25/2) Acara dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Kemaritiman dan Investasi RI, Wakil Gubernur Provinsi Bali  diwakili oleh Asisten II Sekda, diikuti 210 peserta  pelaku UMKM.

Pelatihan ini bertujuan agar UMKM  memperoleh bekal pengetahuan dan keterampilan awal menghadapi dunia usaha yang serba digital.Diharapkan  segera bergabung dengan marketplace, serta menggunakan Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) yang terlibat dengan menerapkan pembayaran digital yakni QR Code Indonesian Standard (QRIS)

Wakil Gubernur Provinsi Bali, diwakili Asisten II Sekda Provinsi Bali, Ni Luh Made Wiratmi menjelaskan,pelatihan onboarding  sejalan dengan visi dan misi Provinsi Bali “Nangun Sat Kerthi Loka Bali”  bertujuan meningkatkan dan mengembangkan kapasitas UMKM sehingga dapat memberikan nilai tambah dan daya saing di era digital ini yang  diharapkan  menjadi salah satu akselerator mempercepat pemulihan ekonomi di Bali menuju Bali Maju dan Bangkit.

Beberapa perwakilan marketplace dan perbankan hadir sebagai narasumber dalam acara ini, yaitu E-Commerce (Tokopedia, Gojek, Shopee, Grab, Balimall,) dan PJP (BPD Bali, Bank Mandiri, OVO, ShopeePay dan Dana).

Kehadiran narasumber ini dari berbagai latar belakang industri tersebut diharapkan dapat memperkaya wawasan, sekaligus memotivasi para pelaku UMKM di Bali untuk bertransformasi digital, baik dari sisi pemasaran maupun pembayaran menggunakan QRIS dalam melakukan transaksi di saat pandemi ini. nn

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *