Cabe Rawit, Minyak Goreng, dan Telor Picu Bali Inflasi 3,75% Desember 2021

 KataBali.com – Denpasar   – Provinsi Bali mencatat inflasi sebesar 0,88% (mtm), meningkat dibanding bulan sebelumnya yang mencatatkan inflasi sebesar 0,63% (mtm). Secara spasial, inflasi terjadi di Kota Denpasar dan Kota Singaraja dengan pertumbuhan masing-masing sebesar 0,75% (mtm) dan 1,70% (mtm). Peningkatan tekanan harga terjadi pada seluruh kelompok, dengan tekanan tertinggi pada kelompok volatile food, yang diikuti oleh kelompok administered price dan core inflation. Tahun 2021 Bali mencatatkan inflasi sebesar 2,07% (yoy) berada dalam sasaran inflasi nasional 3±1%.

Kelompok barang volatile food pada bulan Desember 2021 mengalami inflasi sebesar 3,75% mtm. Peningkatan harga terutama terjadi pada komoditas cabai rawit, minyak goreng, dan telur ayam ras. Peningkatan tekanan harga cabai rawit disebabkan  tingginya curah hujan yang mengganggu tingkat produksi, sedangkan naiknya  harga  minyak goreng dengan kenaikan harga minyak sawit dunia sejak awal tahun. Sedangkan,naiknya harga telur ayam ras tidak terlepas upaya Pemerintah menjaga kestabilan harga daging ayam ras yang sebelumnya  rendah, melalui kebijakan pembatasan telur tetas dan afkir dini.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bali, Trisno Nugroho. Selasa (  4/1) menjelasakan,kelompok barang administered price mencatat inflasi sebesar 0,48% mtm. Peningkatan tekanan harga terutama terjadi pada harga angkutan udara seiring dengan meningkatnya aktivitas penerbangan ke Bali sebagai dampak dari penurunan level PPKM sejak bulan Oktober 2021 dan libur sekolah dalam rangka perayaan Nataru.

Kelompok barang core inflation juga mengalami inflasi sebesar 0,33% mtm, terutama disebabkan oleh naiknya harga canang sari. Peningkatan harga canang sari seiring dengan meningkatnya frekuensi upacara keagamaan pada bulan Desember sabagai bulan baik bagi umat Hindu. Selain itu, peningkatan tekanan harga juga terjadi seiring dengan meningkatnya permintaan masyarakat di tengah perayaan Nataru.

Ke depan, inflasi tahun 2022 diperkirakan akan lebih tinggi dibanding inflasi tahun 2021, namun masih dalam kisaran sasaran inflasi 3±1%. Kelompok barang core inflation dan administered price diperkirakan akan meningkat sejalan dengan pemulihan permintaan masyarakat secara bertahap. Adapun beberapa hal yang perlu terus didorong selama 2022 adalah kerja sama antar daerah (KAD), penggunaan teknologi pertanian (smart farming), perbaikan kualitas data produksi dan stock, serta pemasaran secara digital (e-commerce) .nn

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *