BPSDMP Kominfo Gandeng Stikosa – AWS Bangun 30 Ribu Startup di Indonesia Timur

Caption : Ketua Stikosa -AWS Dr. Meithiana Indrasari, S.T., M.M.dan Kepala BPSDMP Surabaya Eka Handayani, SE., M.M.,Tandatangani MoU kerjasama Membangun 30 Ribu Start up Indonesia Timur  

KataBali.com – Surabaya – Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika, BPSDMP Kominfo Surabaya, menargetkan di tahun 2022 untuk membangun 30.000 Start up  (usaha rintisan  berkaitan dengan teknologi digital informasi dan komunikasi) di 3 kabupaten di Indonesia Timur. 

   /Eka Handayani, SE., M.M., Kepala BPSDMP Surabaya, mengungkapkan hal itu saat menerima rombongan Pimpinan Akademik Sekolah Tinggi Ilmu Komunukasi – Almamater Wartawan Surabaya (Stkosa-AWS), di kantornya, di Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (5/1/2022). 

    Terkait hal tersebut, BPSDMP Kominfo Surabaya menggandeng Stikosa – AWS, bekerjasama untuk mencapai target tersebut. 

   Eka Handayani menyebutkan, dari 30.000 Start up, diantaranya di 2 Kabupaten di Jawa Timur yakni di Kabupaten Pamekasan, Madura, dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur, serta  di kabupaten  Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Masing – masing Kabupaten sebanyak 10.000 Start up.. 

    Bersama Stikosa – AWS nantinya, BPSDMP Kominfo Surabaya  melakukan  dari pelatihan, pembinaan hingga pendampingan dari hulu ke hilir terhadap UMKM, terutama  kawula muda yang membangun Start up, sebagai salah satu program BPSDMP Kominfo Surabaya diantaranya Digital Talent Scholarship (DTS) untuk SMK dan S1  bidang teknologi, informatika dan komunikasi.

    Kolaborasi Stikosa-AWS bersama BPSDMP Kominfo Surabaya merupakan rintisan kerjasama bidang SDM (Sumber Daya Manusia),  dituangkan dalam Memorandum of Understanding ( MoU ), di kantor BPSDMP Kominfo Surabaya.

   Kepala BPSDMP Kominfo Surabaya menjelaskan, kerjasama diharapkan dapat membantu pengembangan SDM yang selama ini sudah dirintis  BPSDM Kominfo Surabaya, “Harapan Kominfo bukan hanya pengembangan dan pendampingan Startup, tetapi juga bagaimana semua ini bisa diorkestrasi,” tambah Eka Handayani,

   Sebagai institusi pendidikan tinggi ilmu komunikasi pertama di Indonesia Timur, Stikosa-AWS  berupaya menjembatani antara kebutuhan masyarakat dengan hasil karya pendidikan, “Saya kira banyak kerjasama yang bisa kita kerjakan selain pelatihan dan pendampingan Startup nantinya.Sebab saya dengar BPSDM juga memiliki jurnal yang  terakreditasi. Ini bisa jadi luaran publikasi ilmiah  dosen dan mahasiswa” tutur Ketua Stikosa -AWS Dr. Meithiana Indrasari, S.T., M.M..

   Selaras dengan program Tri Dharma perguruan tinggi, Wakil Ketua bidang akademik Stikosa-AWS, Dr. Jokhanan Kristiyono menambahkan,lokasi pendampingan SDM di tiga titik wilayah bisa kita kerjasamakan sekaligus untuk program Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Kebetulan program ini 3 tahun terakhir berbasis riset lapangan”. 

    Program Digital Talent Scholarship  tahun 2022 didesain  menciptakan ekosistem seimbang  memaksimalkan peran Pentahelix ( pemerintah, masyarakat, institusi pendidikan tinggi, dunia usaha, dan media)  menjadi fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi digital.

   Program Digital Talent Scholarship bertujuan meningkatkan keterampilan dan daya saing, produktivitas, profesionalisme SDM bidang teknologi informasi dan komunikasi bagi angkatan kerja muda Indonesia, masyarakat umum, dan aparatur sipil negara. 

.    “ Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung ini,  mendorong laju digitalisasi di semua bidang kehidupan. Kementerian Komunikasi dan Informatika berupaya mengembangkan talenta agar mampu mengimbangi laju transformasi digital yang terus berkembang pesat, “ jelas Jokhanan Kristiyono. nn

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *