Bupati Tabanan : Jadikan Pramuka Sebagai Spirit Untuk Berbakti Tiada Henti

KataBali.com- Tabanan – Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M sampaikan beberapa hal yang harus menjadi perhatian para Pengurus Kwarcab baru, saat melakukan Pelantikan dan Pengukuhan Majelis Pembimbing Cabang, Pengurus Kwartir Cabang dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tabanan Masa Bakti 2020 – 2025, di Gedung I Ketut Maria Tabanan, Jumat (26/11)

Nampak saat itu, acara juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Tabanan, Sekda, Asisten 2, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali, jajaran Forkopimda selaku anggota Mabicab Gerakan Pramuka Tabanan, Kepala Perangkat Daerah, Pengurus Kwarcab Gerakan Peamuka Tabanan, Pimpinan Satuan Karya Gerakan Pramuka Kwarcab Tabanan, Camat dan OPD Terkait. 

Tantangan dan permasalahan pada generasi muda yang semakin kompleks, menjadikan peran serta dari berbagai pihak dibutuhkan dalam mengatasi kendala tersebut, salah satunya yaitu Gerakan Pramuka. Sesuai dengan Satya Pramuka atau Janji Pramuka yang kedua, yaitu “Menolong Sesama Hidup dan Ikut Serta Membangun Masyarakat”. Hal tersebut Selaras dengan tujuan dalam pendidikan kepramukaan yaitu membentuk kepribadian yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia memiliki kecakapan hidup, berdisiplin serta taat hukum. Menjadikan spirit untuk terus berbakti tiada henti. 

Dalam sambutannya Bupati Sanjaya menanggapi bahwa untuk mendukung tujuan tersebut maka perlu diupayakan kurikulum kegiatan dan materi Latihan yang inovatif dan tidak membosankan, terlebih saat menghadappi pandemi Covid 19, yang bisa diimplementasikan langsung oleh para Pembina dan pelatih. Oleh sebab itu, pemberdayaan Kwartir cabang yang sistimatis, terencana dan berkelanjutan merupakan suatu keharusan. 

“Saya berharap kwartir cabang segera melakukan konsolidasi organisasi, menata managemen dan sumber daya, sehingga mampu membangkitkan kembali gairah kegiatan kepramukaan menuju Tabanan yang Aman, Unggul dan Madani” Ujar Sanjaya. Oleh karena itu, selaku Ketua Majelis Cabang, sebagaimana diamanatkan Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2010, ia akan senantiasa membimbing, mendukung, menfasilitasi penyelenggaraan pendidikan kepramukaan secara berkelanjutan, disamping membantu ketersediaan tenaga, dana dan fasilitas yang diperlukan untuk pendidikan kepramukaan. 

Lebih lanjut ia juga berpesan kepada Sekda Tabanan, Dr. I Gede Susila, S.Sos., M.Si selaku ketua Kwarcab yang baru, untuk mengawal Gerakan Pramuka Tabanan sebaik mungkin, agar lebih maju dan memiliki daya saing dalam setiap event baik di tingkat daerah maupun nasional. 

Beberapa hal lainnya yang disampaikan Sanjaya selaku Ketua Mabicab, yaitu agar konsolidasi organisasi baik di tingkat cabang, Kecamatan sampai gugus depan harus segera dilakukan, untuk pembenahan organisasi. Selanjutnya dalam melakukan kegiatan terutama jika melibatkan peserta didik di alam terbuka, agar selalu didampingi orang dewasa dengan memperhatikan keamanan, kenyamanan, keselamatan dengan memperhatikan managemen resiko.

Dan yang terakhir agar selalu berpedoman pada Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, dalam pengelolaan organisasi kepramukaan. Demi melanjutkan kolaborasi dan sinergitas yang baik, I Made Rentin selaku Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali, juga menyampaikan kewajiban para pengurus pramuka untuk harus selalu siap siaga bekerja dengan rasa pengabdian yang tulus dan ikhlas untuk masyarakat, bangsa dan negara. Maka dari itu, Bupati Sanjaya di akhir pidatonya menyampaikan ungkapan terima kasih atas pengabdian seluruh pengurus Kwarcab sebelumnya dan ucapan selamat untuk pengurus kwarcab yang baru. “Mari kita saling mendukung dan menguatkan persatuan untuk bekerja membangun generasi muda kita yang lebih baik,” tutupnya.  hmt

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *