Wabup Suiasa Serahkan 20.000 Benih Ikan Nila di Mengwitani

keterangan foto: Wabup Suiasa bersama anggota DPRD I Nyoman Satria saat menyerahkan bantuan 20.000 benih Ikan Nila secara simbolis kepada 13 Banjar Dinas di Desa Mengwitani, Kamis ( 27/5 ). 

KataBali.com – Badung – Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menyerahkan bantuan 20.000 benih Ikan Nila secara simbolis kepada 13 Banjar Dinas di Desa mengwitani, Kecamatan Mengwi, Kamis ( 27/5 ).  Acara turut dihadiri anggota DPRD Badung I Nyoman Satria, Kadis Perikanan I Nyoman Suardana, Camat Mengwi I Nyoman Suhartana serta unsur tripika, Perbekel Mengwitani I Putu Sumardita, Anggota BPD dan seluruh Kelian Banjar Dinas di Desa Mengwitani.

Wabup Suiasa dalam sambutannya mengatakan penyerahan dan penebaran sebanyak 20 ribu benih ikan nila di 13 Banjar Dinas yang ada di Desa Mengwitani ini sebagai upaya kemandirian ekonomi untuk masyarakat dimana memberikan aspek positif yang akan didapatkan terutama dari segi lingkungan. “Dengan menebar ikan pasti lingkungan itu lebih bersih dan masyarakat pasti akan membersihkan lingkungan secara rutinitas. Jadi dengan lingkungan yang bersih berarti lingkungan itu sehat dan kehidupan kita Kedepan akan sehat,” ujar Suiasa.

Lebih lanjut Wakil Bupati menambahkan dari aspek ekonomi, masyarakat yang menebar ikan dan dipelihara nantinya hasil produktivitas ini bisa dijual sehingga ada tambahan pendapatan masyarakat. Dengan demikian dari sisi ekonomi bisa menekan biaya pengeluaran dan bisa juga ikannya dikonsumsi sendiri. Sedangkan dari aspek kesehatan dikatakan memberikan hasil positif karena ikan itu memiliki protein yang sangat tinggi yang dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan fisik dan juga perkembangan otak yang sangat bagus.

“Ikan ini memiliki banyak kandungan vitamin A, D ,dan B yang sangat bagus sekali dalam pertumbuhan bagi manusia dimana memberi kandungan lemak.  Dalam aspek sosial sangat bagus juga kegiatan ini. Jika ikan sudah besar tempat ini bisa digunakan untuk kegiatan memancing ikan dan ini juga sebagai sumber pendapatan masyarakat,” katanya seraya menambahkan di tempat ini komunitas-komunitas pemancing bisa berkumpul.

Untuk itu Wabup Suiasa berkomitmen kegiatan seperti ini akan terus didorong di Kabupaten Badung. “Setiap tahun akan kami tebar sebanyak 2 juta lebih bibit ikan. Tahun ini sudah kami siapkan dua juta dua ratus bibit ikan. Kemudian misalkan dua juta saja kita buat bibit, tiap kelompok misalkan diberikan 10 ribu atau 20 ribu, paling tidak ada 150 kelompok atau lebih bisa kita berikan per tahun,” pungkasnya.

Sementara itu Perbekel Desa Mengwitani I Putu Sumardita mengatakan penebaran benih ikan ini diprakarsai oleh Kelompok Ikan Mangu Sari yang difasilitasi oleh Anggota DPRD Badung I Nyoman Satria dan Kadis Perikanan. Selanjutnya masing-masing kelompok atau banjar dinas di Desa Mengwitani akan menebar ikan di masing-masing perairan yang ada di wilayahnya. “Semoga setelah penebaran ikan ini selanjutnya masyarakat bisa ikut serta menjaga lingkungan ini,” harapnya.hbd

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *