90 Tahun Philip Kotler, 10 Tahun Museum Marketing 3.0 Dijadikan Sebagai Asia Marketing Day

Foto : Acara AMD 2021,Kamis (27/5 )  di Ubud dihadiri  Founder and Chairman MarkPlus Inc., sekaligus Honorary Founding Chairman Indonesia Marketing Association (IMA) serta Founder Asia Marketing Federation (AMF) Hermawan Kartajaya, juga dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kretif Sandiaga Uno, juga Philip Kotler serta Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati,

KataBali.Com – Ubud- Bali Ditengah-tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia, tentu sebuah hal yang membahagiakan ketika masih bisa bersilahturahmi orang-orang yang kita kenal. Itulah yang mendorong Founder and Chairman MarkPlus Inc., dan sekaligus Honorary Founding Chairman Indonesia Marketing Association (IMA) serta Founder Asia Marketing Federation (AMF) Hermawan Kartajaya menjadikan hari ulang tahun Philip Kotler 27 Mei sebagai Asia Marketing Day (AMD).

    Pertama kali diselenggarakan di 27 Mei 2020, dalam bentuk webinar bertepatan dengan 89 tahun Philip Kotler, AMD bukan hanya mendapatkan sambutan dari anggota 17 Asosiasi Pemasaran di Asia, tapi juga Philip Kotler itu sendiri.

       Philip Kotler mengatakan, rasa senanngnya karena tetap bisa bersilahturami dengan para marketeers di Asia di tengah-tengah pandemi. Berdasarkan kesuksesan yang diraih tahun lalu, penyelenggaraan AMD 2021 oleh Hermawan Kartajaya dikembangkan tidak lagi sekedar sebagai acara webinar, tapi sebuah multi-event, yang dilakukan secara OMNI, online dan offline.

     “ Selain tahun ini bertepatan dengan 90 tahun Philip Kotler, juga bertepatan dengan 10 tahun Museum Marketing 3.0 yang berada di Ubud Bali yang diresmikan  27 Mei 2011, “ jelas Hermawan. Saat itu,kata Hermawan, Philip Kotler yang berusia 80 tahun hadir disertai istri,anak, menantu dan cucu, hadir di Ubud meresmikan sendiri Museum yang diinspirasi dari buku yang ditulis Philip Kotler bersama dengan Hermawan Kartajaya dan Iwan Setiawan. 

     Selama 10 tahun perjalanannya, Museum Marketing 3.0 berlokasi  di komplek Puri Lukisan Ubud Bali  digunakan untuk sejumlah acara. Mulai dari Ubud Royal Weekend hingga sejumlah acara Kementerian Pariwisata, “ Karena keunikan content-nya, museum itu dikunjungi grup-grup perusahaan yang ingin melihat bagaimana berbagai brand bisa masuk menjadi daya Tarik tersendiri, “  ujar Hermawan. 

     Selain itu, dalam 10 tahun terakhir Philip Kotler terus aktif menulis buku, baik bersama Hermawan Kartajaya dan Iwan Setiawan menulis buku Marketing 4.0 dan Marketing 5.0  juga menulis bersama dengan penulis lain.

    Semangat untuk terus produktif di usia dimana kebanyakan orang sudah pension, bahkan muncul di tahun 2021. Setelah meluncurkan Marketing 5.0 di bulan Februari 2021, Philip Kotler bersama dengan Hermawan Kartajaya sudah merancang buku selanjutnya, yaitu Entrepreneurial Marketing dan Marketing 6.0.

     Keaktifan Philip Kotler di usia tersebut mendorong Hermawan Kartajaya untuk juga terus aktif bergerak. Hermawan yang semula hanya aktif di organisasi pemasaran, sejak 2016 juga aktif di organisasi pembinaan UKM tingkat dunia, International Council for Small Business (ICSB), yang berpusat di George Washington University, Washington DC Amerika yang juga adalah almamater dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

     Dengan pengalaman internasionalnya Hermawan bakal menjadi calon kuat President ICSB dunia di tahun 2022. Oleh sebab itu, dalam AMD 2021, selain tetap melibatkan marketeers  anggota 18 asosiasi pemasaran di Asia anggota AMF,  juga melibatkan pula negara Asia lainya.( nn)

————————————————————————————————————\

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *