Survive di Era Pandemi, Putri Koster Dorong Pelaku IKM Bertransformasi Digital

KataBali.com – Denpasar – Ketua Dekranasda Provinsi Bali Ny Putri Koster terus mendorong para pelaku Industri Kecil Menengah ( IKM ) untuk bertransformasi ke digital. Penggunaan digital bagi para pelaku IKM merupakan sebuah keniscayaan, agar bisa tetap survive atau bertahan di era pandemi saat ini.

Demikian disampaikan Ny Putri Koster saat menjadi narasumber dalam acara program dialog ‘Apa Kabar UMKM Bali (AKU Bali)’ dengan tema ‘IKM Bangkiang di Masa Pandemi’, yang berlangsung di Studio TVRI Bali, Denpasar , pada Kamis (29/4).

Lebih jauh dalam arahannya, istri orang nomor satu di Bali ini menyampaikan bahwasannya pandemi Covid-19 telah berimbas pada menurunnya produksi serta hasil penjualan dari produk kerajinan para pelaku IKM. Namun, kondisi ini jangan membuat malah berdiam diri, namun harus mampu berpikir cerdas dan mencari peluang pasar yang disesuaikan dengan kondisi yang ada. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan pemasaran serta penjualan dengan menggunakan platform digital.

“Kita harus cerdas mencari peluang dan membaca arah pasar di tengah pandemi yang kita hadapi, platform digital merupakan pilihan yang tepat saat ini, mau tidak mau suka tidak suka, pelaku IKM harus mengarah ke digitalisasi,” imbuhnya.

Ny Putri Koster yang akrab dipanggil Bunda Putri ini juga terus mengajak para pelaku IKM untuk terus berkreativitas sekaligus terus membangun jiwa wirausaha sehingga tahan banting di situasi apapun. Pemerintah akan terus berupaya memberikan ruang bagi para pelaku IKM untuk memasarkan hasil produksinya, dengan demikian para perajin akan semakin terpacu untuk berkreativitas, kesejahteraan meningkat dan warisan budaya dari para leluhur kita juga akan tetap lestari. “Jiwa wirausaha yang tangguh harus terus dibangun tanpa melupakan tanggung jawab kita akan pelestarian budaya warisan nenek moyang. Jangan berhenti berkreativitas, perlahan kita masuki platform digital, kita jaga kualitas produk, kita jaga kepercayaan konsumen sehingga IKM akan kuat dan tangguh dalam situasi apapun,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa mulai tanggal 27 April sampai dengan 6 Juni 2021 pameran untuk IKM ‘Bali Bangkit Tahap II’ kembali digelar di Taman Budaya-Denpasar. Dengan suksesnya Bali Bangkit Tahap I, maka pada tahap II yang juga menghadirkan para IKM berkualitas diharapkan memberikan kesan yang lebih baik dari sebelumnya. Di samping itu, Bali Bangkit ini diharapkan mampu memantik semangat para IKM untuk terus berkreasi sehingga bangkit di masa pandemi dan mampu bersaing nantinya.

Dalam dialog yang disiarkan secara langsung tersebut juga menghadirkan dua narasumber yang memiliki kreasi seni di bidang fashion yaitu Ni Made Wirathi dari IKM Ipong Design dan Dayu Karang dari IKM Body and Mind. hb

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *