Lomba Orasi KNPI Bali, Arya Gangga : Mahasiswa Tidak Boleh Feodal

KataBali.com – Lomba Orasi KNPI Bali pada tahun 2021 diselenggarakan pada hari Senin, 1 Februari 2021 bertempat di Ruangan Terater Utama, Gedung Dharmanegara Alaya. Acara tersebut dihadiri oleh Adian Napitupulu secara virtual dan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati ( Cok Ace) yang sekaligus membuka acara Lomba Orasi KNPI Bali.

Hadir pula undangan-undangan dari organisasi kepemudaan dan lembaga swadaya masyarakat. Acara ini di hadiri oleh sekitar 30 orang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Lomba Orasi yang diselenggarakan oleh KNPI Bali mengusung tema “Membentuk Karakter Pemuda Pancasilais yang Inovatif di Tengah Krisis.”Terselenggaranya acara ini bertujuan agar para pemuda dapat mengisi diri dengan pengetahuan-pengetahuan, tetap berkreatifitas dan melakukan kegiatan-kegiatan positif selama masa pandemi ini.

Dalam orasinya, Arya Gangga mengatakan masyarakat hari ini masih memiliki pemikiran feodalisme, bahkan sampai di dalam sekolah atau kampus. Arya Gangga menambahkan “Sekolah atau kampus mengukur kapasitas murid atau mahasiswanya dengan nilai tugas, kehadiran dan etika sopan santun bukan dari seberapa kritis siswa atau mahasiswa dalam memahami pelajaran.” Arya gangga juga menyampaikan bahwa Siswa atau Mahasiswa harus dijadikan sebagai subjek pembelajaran bukan sebagai objek pembelajaran.

Arya gangga berharap agar pemuda dapat membawa pikiran- pikiran kritis tanpa ada tekanan dari orang lain. “Pemuda di tengah pandemi harus membuat paradigma-paradigma agar mampu berinovasi dan berkreatifitas”.

Dalam orasi nya juga Arya Gangga berpesan bahwa hal yang ia sampaikan bukan hanya sekadar untuk berkompetisi, tetapi mengingatkan kita semua tentang nilai kehidupan sebagai bahan refleksi kita berkreasi di tengah pandemi tanpa adanya hambatan dari orang-orang yang masih berpikir feodal.*

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *