Kajati Bali Erbagtyo Rohan, Resmikan Perpustakaan Kejari Denpasar Koleksi 1.426 Buku

Keterangan foto: Kajati Bali Bali, Erbagtyo Rohan saat meresmikan Perpustakaan Kejari Denpasar.

KataBali.Com – Denpasar.- Kepala Kajaksaan Tinggi ( Kajati) Bali, Erbagtyo Rohan,SH,MH  Selasa (29/12/2020) meresmikan pemenfaatan perputkakaan Kejaksaan Negeri (Kejari) Denpasar representatif.Renovasi  ruang khusus berada di lantai II atau disamping ruang Kajari Denpasar   dengan biaya Rp 89 juta berasal dari bantuan CSR Pelindo III Denpasar.

Menurut Kajati Erbagtyo, selain untuk iternal,perpustakaan ini dapat digunakan masyarakat umum serta para mahasiswa dalam melakukan penelitian.”Dalam ruang perpustakaanini,  selain mengoleksi buku-buku juga menyimpan karya-karya jaksa senior yang  dinilai penting dan abadi misalnya kasus teroris Bom Bali dengan terpidana  Imam Samudera dan Amrozi Bin H. Nurhasyim  cs.Saat itu ditangani oleh enam jaksa senior yakni Urip Tri Gunawan,SH, Mohamad salim,SH,I Nyoman Dila,SH, I Wayan Suwila,I Putu Supartha Jaya,SH dan Erna Normawati Widodo Putri,SH.

“ Jelajahi duniamu dengan terus membaca dan mengasah diri dari perpustakaan ini untuk mewujudkan menjadi pribadi Jaksa Mumpuni.Karena  menunju zona intergritas Wilayah Bebas Bersih Melayani (WBBM) kita harus memberikan  pelayanan yang prima baik masyarakat umum maupun dari kalangan dunia pendidikan bagi mahasiswa untuk melakukan penelitian” kata Erbagtyo.

Dengan terwujudnya perpustakaan ini kita berusaha maksimal.Sehingga banyak mahasiswa untuk datang  ke sini, baik untuk membaca maupun melakukan penelitian.Diharapkan bisa terus dikembangkan dan dimaksimalkan dengan baik tidak hanya kalangan internal tapi juga eksternal.Buku koleksi  yang tersedia yakni Koleksi Pendukung, Spesifik dan  Dasar dengan  total 1.426 buku  diharapkan terus bertambah jumlahnya,”jelas Erbagtyo.

Kejati Bali Erbagtyo didampingi Kajari Denpasar Luhur Istighfar dan pimpinan Pelindo III Bali. ( Photo SimonSR).

Kajari Denpasar,Luhur Istighfar ,SH,MH,menambahkan peresimian perputakaan berawal dari banyaknya penelitian oleh mahasiswa dari pulau Jawa  seperti  dari UGM  dan lainya dan mahasiswa yang ada di Bali. Karena sebelumnya dirasakan  kurang memadai, pihaknya kemudian memiliki ide untuk merenovasi dan mendapat dukungan dari para  Kasi Pidum,Kasi Intel,Kasi Datun dan kasi Pidsus.Sehingga terwujudkan ruang perpustakaan representatif dan dikelola oleh Kaur Kepegawaian  Eryana Dami,SH.

Diperpustakaan ini terdapat koleksi sebanyak 1.426 buku berasal dari pembelian, sumbangan para jaksa,kemudian dari Biro Hukum Kejaksaan Agung. Selain itu, kami juga mewajibkan jaksa yang pindah minimal menyumbangkan dua buku. Buku-buku koleksi ini,bisa dimenfaatkan masyarakat umum  membaca ditempat  juga bisa dipinjamkan dengan memenuhi persyaratan lazim diperpustakaan umum lainya,”jelas  Luhur Istighfar.

Ditambahkan Luhur Istighfar, kehadiran ruang perpustakaan ini sesuai Peraturan jaksa Agung RI No;PER-038/A/JA/09/2011,tanggal 23 September 2011 Tentang Pengolalaan Perpustakaan Hukum dan Dokumentasi Peraturan Perundang-Undangan di Lingkungan Kejaksaan RI. Berkaitan dengan hal itu kepada KepalaKajaksaan Tinggi Peraturan jaksa AGUNG RIberikut Compact Disc (CD) diperbanyak untuk didistribusikan kepada Kejaksaan Negeri Cabang Kajaksaan Negeri di wilayah hukum Kajati masing-masing,”imbuhnya. ( Smn).

katabali

Kami merupakan situs portal online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *